“Responnya luar biasa, alhamdulillah. Banyak yang minta dikirimi kentongan karena sadar negara kita tidak sedang baik-baik saja,”
Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya akan membagikan kentongan gratis saat kampanye akbar di Jakarta Internasional Stadium (JIS), 10 Februari 2024.

"Nanti bisa ambil disana, gratis," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Gus Jazil merespon Gerakan "1 Juta Kentongan untuk Perubahan" yang dipelopori Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU).

“Responnya luar biasa, alhamdulillah. Banyak yang minta dikirimi kentongan karena sadar negara kita tidak sedang baik-baik saja,” katanya menegaskan.

Menurut Gus Jazil, kentongan menjadi simbol peringatan, sekaligus mewakili kegelisahan masyarakat yang menyaksikan ancaman terhadap demokrasi.

"Mereka melihat macam-macam bentuk intimidasi, kecurangan, dan keberpihakan aparat yang belakangan ini dipertontonkan makin terang-terangan," kata Wakil Ketua Umum PKB itu.

Kata Gus Jazil, untuk mengakomodir antusiasme publik, timnas AMIN akan membuka stand khusus yang menyediakan kentongan saat kampanye akbar Anies-Muhaimin di JIS.

Dia juga mengajak para relawan dan pendukung AMIN untuk memasang kentongan di rumah, jika perlu hingga ke TPS, untuk membuat gentar para pencuri suara.

"Dulu di kampung, kentongan dibunyikan kalau ada maling. Sekarang yang kita hadapi sama, tapi lebih mengerikan, yakni maling suara rakyat," katanya menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024