Jakarta (ANTARA) - Program Officer Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Heroik M. Pratama berpesan kepada para pemilih pemula agar tidak mau diintimidasi saat pencoblosan Pemilu 2024 nanti.

"Teman-teman nanti saat datang ke TPS, jangan mau diintimidasi," kata Heroik M. Pratama dalam talkshow daring bertajuk "Anak Muda Pemilih Cerdas", di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, karakter dasar dari pemilih pemula itu kritis, cerdas, dan berintegritas, yang harus diperhatikan oleh para peserta Pemilu.

"Sehingga poster dengan gaya milenial belum cukup untuk dipilih para pemilih pemula. Mereka (pemilih pemula) tidak akan terbuai dengan solekan-solekan atau gaya-gaya yang seperti anak muda," kata Heroik M. Pratama.

Baca juga: Menteri Bintang minta pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas

Baca juga: Menteri Bintang pesan pemilih pemula jangan golput pada Pemilu 2024


Dalam talkshow itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga berpesan kepada para pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Anak-anak sekalian agar menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik. Jangan kalian golput. Bunda berharap semua anak-anak Indonesia yang memiliki hak pilih harus menggunakan hak pilihnya datang ke TPS. Itu peran sebagai pelopor," kata Bintang Puspayoga.

Bintang Puspayoga juga meminta anak-anak muda agar menjadi pelapor dengan mengawal proses Pemilu agar tetap jurdil dan luber (jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia).

"Kalau kalian melihat di lingkungan kalian ada hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada, peran kalian sebagai pelapor ini Bunda harapkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Bintang Puspayoga.

Talkshow ini merupakan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula yang rangkaiannya sudah dimulai sejak 2023.*

Baca juga: Kolokium: Anak muda krisis informasi soal visi-misi caleg

Baca juga: Akademisi Papua: Gunakan hak suara secara bertanggung jawab

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024