Saat ini, kapal sudah kembali berlayar menuju Terusan Suez untuk selanjutnya ke perairan Amerika. Alhamdulillah, seluruh kru dan kondisi kapal dalam keadaan selamat dan aman
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina International Shipping (PIS) mengatakan bahwa Kapal MT Gamsunoro telah menyelesaikan proses loading di Pelabuhan Rabigh, Arab Saudi dan beranjak meninggalkan area Laut Merah untuk berlayar menuju Terusan Suez.

"Saat ini, kapal sudah kembali berlayar menuju Terusan Suez untuk selanjutnya ke perairan Amerika. Alhamdulillah, seluruh kru dan kondisi kapal dalam keadaan selamat dan aman," ujar Direktur Crude and Petrolium Tanker PIS Brilian Perdana lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Brilian menjelaskan Kapal MT Gamsunoro yang sempat banyak diberitakan karena lolos untuk berlayar di Laut Merah adalah kapal milik PIS. Kapal yang dibangun pada 2010 itu dioperasikan untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah, berbendera Indonesia, dan juga diawaki oleh kru-kru Indonesia.

"Tim PIS terus melakukan monitoring ketat sejak area Laut Merah memanas dan terus memantau perkembangan situasi. Kami juga berkoordinasi erat dengan otoritas terkait di masing-masing wilayah agar Kapal Gamsunoro bisa berlayar dan beroperasi dengan aman dan lancar," kata Brilian.

PIS, kata Brilian, intens berkoordinasi dengan Singapore Maritime & Port Authority, Atase Pertahanan Kedutaan Besar UAE, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Indonesia, dan lainnya.

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kapal kami seperti MT Gamsunoro dapat berjalan dengan aman dan lancar. Ini adalah manifestasi nyata dari komitmen go global kami serta peningkatan kompetensi pelayanan kami," ujarnya.

Kapal MT Gamsunoro merupakan salah satu dari 61 kapal milik PIS yang berlayar di rute internasional. Pada 2023, PIS tercatat telah berlayar di lima benua dengan jumlah 50 rute internasional.

Seiring dengan gencarnya ekspansi dan semangat go global, PIS memastikan peningkatan kompetensi dan kualitas pelayanan untuk bisa bersaing dengan perusahaan global lainnya.

PIS juga menyampaikan terima kasih atas segala dukungan dan doa yang diberikan oleh para pekerja, keluarga, dan masyarakat Indonesia selama periode ini sehingga MT Gamsunoro dapat berlayar dengan aman.

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kapal kami seperti MT Gamsunoro dapat berjalan dengan aman dan lancar," ucap Brilian.

Sementara, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan komitmen PIS dalam menjaga keamanan dan kelancaran operasional Kapal MT Gamsunoro merupakan bukti kemampuan PIS sebagai perusahaan shipping tingkat internasional.

"PIS menargetkan menjadi perusahaan shipping yang mampu bersaing di tingkat global dan saat ini, PIS sudah berada di arah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut," kata Fadjar.

Baca juga: PIS Asia Pacific perluas kantor di Singapura tingkatkan bisnis global

Baca juga: PIS tambah dua tanker gas optimalkan angkut elpiji

Baca juga: Pertamina Shipping ungkap strategi kurangi emisi di bidang pelayaran

Baca juga: PIS dan Karpowership kerja sama majukan infrastruktur energi bersih

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024