Jakarta (ANTARA) - Borusia Dortmund ditahan imbang tanpa gol oleh tuan rumah Heidenheim, pada pertandingan Liga Jerman yang berlangsung di Voith Arena, Heidenheim, Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Hasil itu membuat Dortmund tertahan di posisi keempat klasemen sementara Liga Jerman dengan 37 poin, sedangkan tim promosi Heidenheim berada di posisi kesembilan dengan 24 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Heidenheim bertahan total dan membuat Dortmund yang frustrasi melakukan banyak kesalahan. Tim tamu kesulitan untuk menampilkan performa yang membuat mereka mendulang tiga kemenangan dari tiga laga saat mengawali 2024.

Dortmund yang kehilangan delapan pemain inti karena cedera dan sakit, mendominasi penguasaan bola. Namun selain gol di babak pertama dari Donyell Malen yang dibatalkan VAR, mereka gagal mematahkan pertahanan tuan rumah.

“Kami tidak bermain baik. Dengan penampilan yang kami perlihatkan hari ini, kami tidak layak mendapatkan lebih dari satu poin,” kata pelatih Dortmund Edin Terzic seperti dikutip AFP..

Pelatih Heidenheim Frank Schmidt, yang merupakan mantan pemain di klub itu, menjadi pelatih klub yang sama pada 2007. Ia kini merupakan pelatih kepala dengan masa kerja terpanjang dalam sejarah sepak bola Jerman.

Schmidt memuji penampilan timnya, namun mengakui akan lebih senang lagi jika mampu mendapatkan tiga poin.

“Dortmund mendominasi penguasaan bola, namun kami mengokupasi ruang-ruang dengan baik, menekan dengan baik, dan mencuri bola kembali dengan baik,” kata Schmidt.

Dortmund tidak diperkuat pemain sayap Jadon Sancho, kiper Gregor Kobel, dan dua gelandang inti Marco Reus dan Julian Brandt.

Absennya Sancho sangat terasa, sebab pemain pinjaman dari Manchester United itu telah menemukan kembali penampilan terbaiknya sejak kembali ke Dortmund.

Malen terlihat akan membawa Dortmund memimpin pada pertengahan babak pertama, ketika ia menerima operan dari Jamie Bynoe-Gittens dan mengecoh kiper untuk mencetak gol.

Dortmund sempat merayakan gol pemain Belanda itu bersama para penggemar mereka, namun gol tersebut dibatalkan setelah dilakukan tinjauan VAR.

Tim tamu semakin frustrasi seiring berlangsungnya pertandingan, terlebih setelah peluang Nico Schlotterbeck dan Niclas Fuellkrug digagalkan kiper Kevin Mueller.

Meski imbang, Dortmund memiliki koleksi poin yang sama dengan tim peringkat ketiga VfB Stuttgart dan memperlebar jarak dengan RB Leipzig di peringkat kelima, menjadi empat poin.

Leipzig berpeluang memangkas jarak tersebut, ketika mereka menjamu Union Berlin pada Sabtu. Pada hari yang sama, pemuncak klasemen Bayer Leverkusen akan berhadapan dengan tim juru kunci Darmstadt.

Tim posisi kedua Bayern Munich yang tertinggal dua poin dari Leverkusen, akan menjamu Borussia Moenchengladbach.

Baca juga: Bayern Muenchen resmi perkenalkan Bryan Zaragoza

Baca juga: Bayern Muenchen menang tipis 3-2 di kandang Augsburg

Baca juga: Gol Raphael Guerreiro bawa Bayern Muenchen taklukkan Union Berlin 1-0

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024