Sebelum membicarakan pilpres, kami harus fokus untuk pemenangan pileg dulu.
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Ancol, Jakarta, lebih memfokuskan kader untuk konsolidasi pemenangan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

"Sebelum membicarakan Pilpres, kami harus fokus untuk pemenangan Pileg dulu. PDIP tentu tidak bisa mengajukan calon kalau perolehan suara Pileg ternyata kurang," kata Puan di Jakarta, Sabtu.

Menurut putri Megawati Soekarnowati itu, nilai tawar PDIP pada Pilpres 2014 akan tinggi jika perolehan suara di Pileg mencukupi.

Rakernas juga membahas tentang Joko Widodo yang memimpin perolehan suara dalam survei dari berbagai lembaga survei.

Akan tetapi pernyataan Puan tidak pernah mengarah kepada peluang Jokowi menjadi capres. Menurut Puan, pemilihan nama capres sepenuhnya hak dari Ketua Umum PDIP Megawati.

Puan juga belum menyatakan kesediaannya untuk menjadi penerus ibunya, Megawati, sebagai Ketua Umum PDIP.

Bagi Ketua DPP PDIP itu, saat ini yang lebih penting untuknya adalah mendayagunakan tenaga dan pikirannya untuk pemenangan Pileg partai berlambang banteng itu.

"Belum saatnya membahas pergantian ketua umum. Untuk saat ini adalah membicarakan Pileg dan Pilpres. Suksesi baru dibahas tahun 2015 nanti," kata dia.

Regenerasi memang sempat diutarakan oleh Megawati dalam pidatonya di depan peserta Rakernas yang dihadiri delegasi kader PDIP seluruh Indonesia.

Megawati menyebut nama-nama terkait regenerasi di tubuh PDIP seperti Puan, Jokowi, dan Ganjar Pranowo.

Namun ia tidak menjelaskan secara detail tentang siapa dan dalam posisi apa nama tokoh itu akan menjadi penerus di tubuh PDIP.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013