Sinergitas yang telah terjalin baik selama ini, ke depan diharapkan dapat ditingkatkan lagi
Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura bersama jurnalis di Kabupaten Jayapura menggelar diskusi publik menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2024

Kepala Kepolisian Resor Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dalam keterangan tertulisnya di Sentani, Sabtu, mengatakan diskusi publik ini lebih ditekankan dalam melek literasi Pemilu Damai 2024.

Baca juga: Presiden akan menggunakan hak pilih pemilu di TPS Gambir Jakarta

“Diskusi publik melek literasi pemilu damai dengan tema mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa,” katanya.

Menurut dia,  wartawan adalah mitra kerja dari kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura, terutama di bidang pemberitaan atau penyebarluasan informasi untuk masyarakat.

“Sinergitas yang telah terjalin baik selama ini, ke depan diharapkan dapat ditingkatkan lagi,” ujarnya

Dia menjelaskan, terkait dengan dilaksanakannya kegiatan diskusi publik ini bahwa kita dalam waktu dekat akan menghadapi Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

“Jadi, pemilihan umum atau pemilu kali ini punya aturan main yang sedikit rumit dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya,” katanya.

Baca juga: Jokowi minta semua capres tidak terjebak pada debat personal

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi mengatakan media atau pers memiliki peranan penting dalam pembangunan Kabupaten Jayapura.

“Tugas wartawan atau jurnalis, menurutnya adalah sebagai fungsi kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah serta mempersilahkan media atau jurnalis untuk memberikan kritik konstruktif yang juga disertai solusi pemecahan masalah sesuai dengan prinsip, unsur dan kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Menurutnya, peran media sangat penting untuk kemajuan daerah sehingga berkomitmen menuntaskan kerja untuk masyarakat, baik bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan juga peningkatan ekonomi.

Salah satu wartawan senior di Jayapura Aman Hasibuan mengatakan kegiatan diskusi publik dalam menyambut HPN 2024 dilaksanakan atas kolaborasi wartawan dan Polres Jayapura.

"Jadi momentum pesta demokrasi ini, insan pers memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai proses dan ketentuan pemilu, serta kewajiban pemilih, selain itu, pers juga melakukan fungsi kontrol dan memberikan informasi yang benar dan berimbang menyangkut sistem pemilihan umum," katanya.

Baca juga: Dinkes Surabaya siapkan pola antisipasi KPPS sakit saat bertugas
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024