Banjarbaru (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusa, Hendry Ch Bangun menilai Gelora Paman Birin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan cukup megah untuk pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024 yang dihelat Agustus mendatang.

"Sebagai gedung baru tentu Gelora Paman Birin sangat layak jadi tempat pembukaan, ini juga suatu kebanggaan bagi gelaran Porwanas, karena jadi ajang perdana digunakannya gedung olahraga ini," kata Hendry di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: PWI Aceh daftar sebagai calon tuan rumah Porwanas 2025

Apalagi, kapasitas gedung yang bisa menampung sampai 3.000 orang itu, menurut Hendry, sangat pas dengan kehadiran kontingen Porwanas yang diperkirakan sekitar itu juga.

Hendry datang beserta rombongan, termasuk Ketua SIWO PWI Pusat Agus Susanto untuk melihat secara langsung kesiapan Kalsel jadi tuan rumah Porwanas tahun ini.

Selain melihat Gelora Paman Birin yang terletak di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, dia juga mengecek arena untuk 15 cabang olahraga yang semuanya dipusatkan di Kota Banjarmasin.

Hendry mengatakan Porwanas adalah ajang silaturahim wartawan dari seluruh provinsi di Indonesia yang dibalut dalam pertandingan olahraga.

Oleh karena itu, dia mendorong Porwanas tahun ini lebih kepada peningkatan kompetensi di bidang peliputan olahraga yang semangatnya meningkatkan prestasi olahraga nasional.

"Tanggung jawab moral kita sebagai wartawan berperan meningkatkan prestasi olahraga melalui pemberitaan positif dan kritik membangun," katanya.

Sedangkan untuk prestasi di Porwanas, Hendry menyebut hanyalah bonus bagi seorang wartawan yang berbakat di bidang olahraga.

Bukan atlet yang dijadikan wartawan hanya semata-mata mengejar gelar juara, karena itu melanggar semangat Porwanas sebagai ajang silaturahim para jurnalis.

Hendry juga mendukung penuh adanya pengangkatan Geopark Meratus untuk bidang pertandingan karya jurnalistik pada Porwanas di Kalsel kali ini.

Diketahui setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Indonesia pada tahun 2018, kini seluruh kawasan Pegunungan Meratus yang membentang di Kalimantan Selatan dalam penilaian menjadi UNESCO Global Geopark.

Hendry menyebut hal ini jadi aksi nyata wartawan secara nasional berperan mewujudkan Geopark Meratus agar segera diakui dunia.

"Kepedulian terhadap pelestarian lingkungan ini juga sejalan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Jakarta, karena kita menanam mangrove di Muara Angke Jakarta Utara dan membagikan 10 ribu bibit pohon," kata Henry yang didampingi Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi.

Baca juga: Ketua PWI Pusat: Porwanas digelar November 2022 di Malang

Baca juga: Menpora harapkan Porwanas XIII 2022 jadi ajang pemersatu


Sementara Ketua SIWO PWI Kalsel Irwansyah mengatakan Hendry Cs bakal bertemu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin untuk memantapkan persiapan Porwanas.

"Jadi intinya pak gubernur nanti menyampaikan bahwa kita sebagai tuan rumah siap 100 persen menyelenggarakan Porwanas dengan dukungan anggaran, arena dan sarana pendukung lainnya," jelasnya.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024