jumlah tersebut pembaruan perkembangan sementara penjualan tiket periode 7-11 Februari 2024
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat pemesanan tiket menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2024 mencapai sebanyak 61.242 pelanggan untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Senin, mengatakan jumlah tersebut pembaruan perkembangan sementara penjualan tiket periode 7-11 Februari 2024.

"Jumlah tersebut akan bertambah, karena pemesanan tiket masih terus berlangsung via daring. Mayoritas penumpang yang berangkat dari Daop 8 tujuan ke Kota Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang serta Jember dan Banyuwangi," ujarnya.

Sedangkan kereta api keberangkatan Daop 8 yang paling banyak dipesan, lanjutnya, yaitu, KA Airlangga, KA Probowangi, KA Tawangalun, KA Sritanjung dan KA Argo Wilis.

Rincianya, kata dia, pada 7 Februari 15.179 pelanggan, 8 Februari 14.810 pelanggan, 9 Februari 8.966, 10 Februari 9.722 dan 11 Februari sebanyak 12.565 pelanggan.

Baca juga: KAI: Sektor angkutan barang Daop Purwokerto catatkan kinerja positif

Baca juga: KAI kembali ingatkan soal aturan bagasi 20 kg untuk naik KA


Luqman mengimbau masyarakat yang akan memesan tiket KA jarak jauh (KAJJ), apabila tanggal keberangkatan atau KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur "connecting train" yang tersedia pada aplikasi Access by KAI.

"Fitur ini mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan KA jarak jauh, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya," ucapnya.

Sementara, untuk menghadirkan nuansa Tahun Baru Imlek, pihaknya menghadirkan dekorasi dan ornamen khas Imlek di berbagai Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

"Kami menghadirkan kemeriahan Imlek di Stasiun dengan memasang hiasan lampion, ornamen naga, gapura, serta berbagai hiasan lainnya," katanya.

Luqman menjelaskan, tujuan dipasang dekorasi tersebut, agar tercipta atmosfer penuh warna dan kegembiraan.

"Pemasangan hiasan khas Imlek yang dihadirkan di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang ini dilakukan dengan tujuan agar pelanggan dapat merasakan nuansa Imlek saat berada di stasiun, serta menciptakan atmosfer penuh warna dan kegembiraan," ujar Luqman.

Selain itu, pemasangan hiasan khas Imlek di berbagai titik pelayanan KAI Daop 8 Surabaya tersebut merupakan upaya pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Serta dapat turut menyemarakkan Tahun Baru Imlek di tahun 2024 atau merupakan tahun ke-2575 atau dikenal sebagai tahun shio Naga Kayu," tuturnya.

Baca juga: Hampir 8.000 warga diangkut KA Papandayan-Pangandaran selama boperasi

Baca juga: PT PT KAI segera membuka relasi baru Banyuwangi-Malang

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024