Investasi untuk di Papua, di Merauke ya, untuk pembangunan food estate untuk tebu, dan beberapa investasi di sektor pertambangan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas investasi di Papua bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

“Investasi untuk di Papua, di Merauke ya, untuk pembangunan food estate untuk tebu, dan beberapa investasi di sektor pertambangan,” kata Bahlil usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Bahlil mengatakan investasi di Papua akan diarahkan kepada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan juga Program Strategis Nasional (PSN). Namun pihaknya masih mengatur penyelesaian hak masyarakat adat agar persoalan lahan tidak menjadi polemik.

“Jadi kita clear-kan dulu masyarakat adatnya, kita selesaikan dengan pemda baru kita akan merumuskan apakah ada sebagian yang di KEK, ada sebagian yang di PSN, agar semuanya jalan,” katanya.

Dia mengatakan pembangunan KEK membutuhkan dana pemerintah untuk membangun infrastrukturnya. Sedangkan untuk PSN infrastruktur dapat langsung dibangun oleh investor.

“Dua-duanya kita jalankan,” ujarnya.

Adapun, menurut Bahlil, investor untuk PSN di Papua kemungkinan berasal dari perusahaan nasional maupun perusahaan Australia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sementara untuk KEK Papua, juga akan ada dari perusahaan nasional dan luar negeri.

Baca juga: Bahlil bantah ada perpecahan antara menteri di kabinet Jokowi

Baca juga: OSS terbitkan 4 juta Nomor Induk Berusaha sepanjang 2023

Baca juga: Realisasi investasi sektor hilirisasi sepanjang 2023 capai Rp375,4 T

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024