Makassar (ANTARA) - Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Bonang Bayuaji membuka latihan Sriti Gesit 2024 untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit TNI AU.

Pembukaan latihan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan dan pernyataan pembukaan dalam prosesi upacara di Skadron Udara 5 Makassar, Senin.

"Tema dalam latihan ini 'Satuan Jajaran Koopsud II melaksanakan operasi udara dalam operasi militer perang di wilayah Koopsud II guna meningkatkan kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam rangka mendukung tugas TNI AU," ujarnya.

Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan latihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan, memelihara dan menguji kemampuan satuan TNI AU.

Baca juga: Kadispen ungkap penyebab kecelakaan terjun payung personel TNI AU

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tulis pesan khusus bagi prajurit TNI AU


Dia meyakini latihan yang dilakukan setiap satuan mampu menciptakan kerja sama dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas operasi.

Adapun tujuan dari latihan tersebut adalah menciptakan keterpaduan dan kesatuan komando antarsatuan di bawah Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas yang bersifat taktis.

"Selain itu juga sebagai sarana menguji kesiapan, profesionalisme pendukung operasional penerbangan, pertahanan pangkalan dalam menghadapi dinamika dan kontijensi," katanya.

Dalam latihan ini, kata Danlanud Sultan Hasanuddin, Sriti Gesit merupakan latihan yang sangat penting bagi seluruh prajurit di satuan yang dipimpinnya.

”Latihan ini merupakan perwujudan dari upaya pemantapan keterampilan dan profesionalisme, baik secara perorangan maupun satuan di jajaran Lanud Sultan Hasanuddin,” ucap Danlanud Marsma TNI Bonang Bayuaji.*

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel sambut Presiden Joko Widodo di Lanud Hasanuddin

Baca juga: TNI AU-Badan SAR Nasional kerahkan pesawat intai cari kapal hilang

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024