Jakarta (ANTARA) -
Komunitas Dokter Oentoek AMIN (DOA) menyampaikan lima poin harapan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) agar memperbaiki sektor kesehatan di Indonesia jika terpilih memenangi Pilpres 2024.

Ketua Presidium DOA Dr. dr. Lucky Tjahjono, M. Kes. menyebutkan poin pertama adalah mewujudkan komitmen AMIN untuk merevisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, karena telah mendapat penolakan dari banyak dokter dan tenaga kesehatan.

"Poin kedua, apabila AMIN (menang pilpres dan) dilantik, DOA berharap adanya komitmen untuk melibatkan secara aktif organisasi profesi dan asosiasi kesehatan dalam proses revisi Undang-Undang Kesehatan dan perumusan kebijakan, guna menciptakan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan," kata Lucky di Jakarta, Selasa.

Dia melanjutkan poin ketiga ialah mengajak seluruh organisasi profesi untuk merumuskan sistem kesehatan nasional yang terbaik, demi pelayanan merata dan berkeadilan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Timnas: AMIN komunikasi intens dengan akademisi untuk bahas negara

Poin berikutnya adalah berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga kesehatan di daerah yang sulit dijangkau, sehingga dokter atau tenaga kesehatan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, pesisir, dan pulau-pulau kecil.

Selanjutnya, poin kelima yaitu mengembalikan pelayanan kesehatan sebagai kebijakan publik yang mengedepankan ideologi welfare state atau kesejahteraan nasional mandiri dan bukan layanan komersial, guna membawa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lucky mengatakan semua harapan itu sesuai dengan janji kampanye yang disampaikan Anies Baswedan saat Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di Jakarta, Minggu (4/2).

Sementara itu, Senin (5/2), DOA yang beranggotakan ratusan dokter dari seluruh Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung pasangan calon AMIN memenangi Pilpres 2024.

Baca juga: Anies: Kekurangan dokter bisa diatasi dengan peningkatan kompetensi

Komunitas relawan itu memiliki jaringan di setiap provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia, serta optimistis untuk menjaring minimal 10 orang dari setiap anggota untuk mendukung AMIN.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: DOA komit dukung AMIN dalam Pilpres 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024