Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, menyebutkan penerima bantuan pangan (PBP) cadangan beras pemerintah (CBP) pada 2024 tercatat sebanyak 14.671 keluarga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono di Sentani, Selasa, mengatakan jumlah PBP itu tersebar di 139 kampung dan lima kelurahan.

“Setiap keluarga akan menerima kurang lebih 10 kilogram beras bantuan cadangan beras pemerintah yang penyalurannya masih menunggu koordinasi dari Bulog,” katanya.

Baca juga: Pemerintah salurkan bantuan beras 24.540 kilogram di Teluk Wondama

Menurut Suliyono, pihaknya sudah melakukan kunjungan ke gudang Bulog di Jayapura untuk melihat CBP 2024 bagi masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Kalau ditanya kapan penyalurannya dilakukan, prinsipnya kami hanya menunggu dari pihak ketiga yang menang tender untuk penyaluran ke Pemkab Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan penerima bantuan pangan pada tahun ini yang paling banyak di Distrik Sentani sebanyak 2.954 keluarga, Distrik Waibu 2.110 keluarga, dan Distrik Nimbokrang 1.098 keluarga.

Baca juga: Kantor Pos Jayapura salurkan bantuan pangan ke 10 ribu PBP

“Kalau dilihat dari data, memang tiga distrik ini jumlah penduduknya sangat banyak dibandingkan dengan distrik lainnya, sehingga wajar di tiga distrik ini yang menerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah mendominasi 2024,” katanya.

Dia menambahkan, jumlah penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahun ini meningkat dibandingkan dengan 2023.

“Tahun lalu penerima bantuan pangan ini sebanyak 5.582 keluarga dengan pembagian berasnya mencapai 50 ton 820 kilogram, sementara tahun ini meningkat menjadi 14.671 keluarga dengan pembagian berasnya 146.710 kilogram,” ujarnya.

Baca juga: Bulog mulai salurkan bantuan beras di wilayah Papua Barat Daya

Penyalurannya akan dilaksanakan secara simbolis di Kompleks Perkantoran Pemkab Jayapura sebelum didistribusikan ke 19 distrik di daerah ini.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024