Yang berikutnya adalah bagaimana rakyat bisa mengakses langsung dan menikmati langsung atas kekayaan alam di Kalimantan Timur.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menekankan sumber daya manusia di Kalimantan Timur harus menjadi lebih baik guna mengatasi berbagai masalah di wilayah tersebut.

Usai kampanye akbar Hajatan Rakyat Kaltim di Kota Balikpapan, Ganjar mengatakan bahwa isu-isu lokal hingga isu nasional ada di wilayah tersebut.

Salah satu yang sering dia sebutkan adalah masyarakat adat yang harus mendapatkan ruang di tengah pembangunan besar proyek nasional di wilayah tersebut.

Selain itu, isu lokal lainnya seperti petani sawit mengenai lahannya, hasil panennya, hingga perlindungan terhadap produknya.

"Yang berikutnya adalah bagaimana rakyat bisa mengakses langsung dan menikmati langsung atas kekayaan alam di Kalimantan Timur. Maka, saya sampaikan di panggung tadi, SDM-nya harus lebih baik karena ini penghasil kekayaan yang memberikan kontribusi pada negara yang cukup banyak," ujar dia.

Pada kampanye akbar tersebut, Ganjar mengimbau masyarakat agar anak-anak muda di Kaltim tidak menikah dini agar dapat mempersiapkan mental dan fisiknya dengan gizi yang cukup mempersiapkan kehamilan. Hal itu bertujuan agar anak tidak mengalami tengkes.

Ganjar juga memperkenalkan program Satu Keluarga Satu Sarjana. Program ini dapat menunjang perbaikan kualitas pendidikan anak di keluarga miskin.

Selain itu, Ganjar mengedukasi pendukungnya dalam kampanye akbar tersebut bahwa cara mengintervensi tengkes bukan dengan makan siang gratis.

Ganjar juga berinteraksi dengan penyandang disabilitas netra dan teman tuli yang menitipkan pesan pada acara tersebut.

Kepada masyarakat, dia mengatakan bahwa nondisabilitas harus mau menyesuaikan diri dengan penyandang disabilitas agar tercipta kesetaraan, dan terbukanya kesempatan kepada mereka.

Baca juga: Ganjar soal pelanggar etika pemilu: Mestinya ada rasa malu
Baca juga: Ganjar imbau pemerintah perhatikan sikap rakyat pada pelanggaran etika


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024