Kerja sama ini merupakan kesempatan baik untuk Prodia dan Brawijaya Hospital Saharjo yang memiliki tujuan serupa...
Jakarta (ANTARA) - PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) menjalin kerja sama dengan Brawijaya Healthcare Group (Brawijaya Hospital & Clinic) melalui peresmian “Brawijaya Genomic Centre" yang berlokasi di Brawijaya Hospital Saharjo, Jakarta.

Pusat Pemeriksaan Genomik atau Genomic Centre tersebut akan menjadi pusat edukasi terkait pemeriksaan khusus, terutama pemeriksaan genomik. Langkah peresmian itu merupakan komitmen dari kedua pihak dalam meningkatkan mutu pelayanan dan kelengkapan pemeriksaan penunjang personalized medicine bagi masyarakat.

"Dengan kemitraan ini, Prodia akan menyediakan konselor genomik untuk memberikan informasi terkait pemeriksaan genomik kepada pasien dan dokter di Brawijaya Hospital Saharjo," kata Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Tak hanya itu, analisis pemeriksaan genomik akan dilakukan hingga hasil final yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola kesehatan berdasarkan profil genomik masing-masing individu.

Dewi mengatakan, melalui kerja sama tersebut, kedua belah pihak akan memberikan layanan konsultasi pra dan pasca pemeriksaan genomik. Mulai dari skrining terkait risiko penyakit, upaya pencegahan, onkologi, diagnosis, dan pengobatan yang tepat kepada pasien.

Untuk memperkenalkan Genomic Centre, Prodia dan Brawijaya Hospital & Clinic melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi acara seremonial hingga presentasi ilmiah dari para ahli dalam bidang genomik.

Dalam presentasi tersebut, Prof. dr. Nugroho Kampono, Sp.OG, Subs.Sp.Onk dan dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK, Subsp. KM, FINEM ditunjuk sebagai narasumber.

“Kerja sama ini merupakan kesempatan baik untuk Prodia dan Brawijaya Hospital Saharjo yang memiliki tujuan serupa dalam berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, pendekatan melalui Genomic Centre seperti ini menjadi harapan kami untuk dapat menjawab kebutuhan pasien dan dokter dalam menangani penyakit ataupun memelihara kesehatan pasien. Harapannya ke depannya kerjasama ini akan meningkatkan pelayanan kesehatan di dalam negeri yang bertaraf Internasional di era pengobatan yang presisi ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Dewi menjelaskan, kehadiran Prodia Genomics menjadi pelengkap layanan diagnostik kesehatan, mulai dari pemeriksaan untuk mendeteksi risiko penyakit, gaya hidup, hingga pengobatan bagi pasien.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh pendiri Brawijaya Healthcare Group Chamim bahwa peresmian fasilitas layanan genomik merupakan salah satu pencapaian dari para pendiri sebelumnya.

“Realisasi peresmian Brawijaya Genomic Centre in collaboration with Prodia merupakan pencapaian besar yang sudah menjadi cita-cita besar para founder. Mulai tanggal 1 Februari 2024, layanan Genomic Center yang berada di Brawijaya Hospital Saharjo ini dapat diakses oleh masyarakat luas dan memberikan layanan konsultasi sebelum dan sesudah pemeriksaan genomik,” terangnya.

Adapun Brawijaya Healthcare Group telah membantu memberikan layanan Kesehatan untuk masyarakat Indonesia dengan menjadi Rumah Sakit sub spesialis dengan layanan dan fasilitas yang lengkap sejak kehadirannya tahun 2006.

Hal itu dibuktikan dengan upaya dan konsistensi dalam menghadirkan beragam kebutuhan layanan kesehatan yang komprehensif untuk keluarga melalui kemitraan bersama institusi terkemuka.

Kemitraan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan pemeriksaan genomik dan esoterik, serta memberikan akses terhadap informasi kesehatan yang dapat dijangkau lebih dekat oleh dokter dan masyarakat umum melalui Brawijaya Genomic Centre di Brawijaya Hospital Saharjo.

Baca juga: GSK-Prodia kolaborasi perluas akses dan kesadaran pentingnya vaksinasi
Baca juga: UIN Alauddin-PT Prodia jajaki kerja sama penelitian


 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024