Melalui kemitraan ini Prodia percaya dapat membangun jaringan ekosistem kesehatan yang terpadu
Jakarta (ANTARA) - PT Prodia Widyahusada Tbk dan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) membangun kemitraan guna mendukung integrasi layanan kesehatan terpadu berbasis digital melalui layanan telekonsultasi SmartRSCM by SiapDok.

Direktur Digital Transformation & IT Prodia, Andri Hidayat dalam sambutan peluncuran SmartRSCM di Jakarta, Jumat, mengatakan kemitraan Prodia dengan RSCM merupakan kerja sama dalam bentuk penyediaan sarana telekonsultasi dan pemeriksaan laboratorium.

"Melalui kemitraan ini Prodia percaya dapat membangun jaringan ekosistem kesehatan yang terpadu sehingga dapat menunjang kemudahan dan kenyamanan akses layanan kesehatan bagi pasien," ujarnya.

Ia mengemukakan, setelah pasien melakukan telekonsultasi pasien dapat mengajukan permintaan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium yang terintegrasi dengan ProdiaLink.

Baca juga: Wamenkes harap SmartRSCM berikan layanan lebih luas ke masyarakat

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan kerja sama layanan kesehatan berbasis digital itu diharapkan dapat berkesinambungan dan memberikan dampak yang luas kepada masyarakat.

Melalui layanan SmartRSCM, ia mengemukakan pasien dapat berkonsultasi dengan dokter secara virtual hingga mencakup berbagai macam layanan lainnya seperti reservasi laboratorium, reservasi layanan, tebus obat serta pembayaran.

Selain Prodia, ia mengemukakan, RSCM juga bekerja sama dengan AdMedika (anak usaha Telkom), Kimia Farma, dalam layanan kesehatan berbasis digital itu.

Sementara itu, Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, Teuku Muda Nanta menyampaikan komitmen TelkomGroup melalui anak usahanya yang bergerak di bidang kesehatan (AdMedika) mendukung percepatan digitalisasi layanan kesehatan yang diinisiasi oleh RSCM melalui layanan SmartRSCM.

Baca juga: RSCM luncurkan aplikasi SmartRSCM guna mudahkan layanan kesehatan

Tidak hanya itu, lanjut dia, Telkom juga mendukung integrasi aplikasi Kimia Farma untuk SiapDok dalam rangka memperkuat layanan SmartRSCM sebagai layanan one stop service.

"Sejalan dengan upaya Telkom bertransformasi menjadi digital telecommunication company, kami siap mendukung RSCM dan pemerintah dalam mendigitalisasikan ekosistem kesehatan Indonesia guna memberikan layanan yang prima bagi masyarakat," tuturnya.

Sebagai BUMN, lanjut dia, pihaknya juga mendapatkan penugasan dari kementerian BUMN sebagai digital enabler untuk seluruh ekosistem di industri, salah satu yang menjadi prioritas adalah ekosistem di kesehatan.

Baca juga: RSCM: Pola makan anak kunci penting hindari hepatitis akut
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022