Jakarta (ANTARA) -
Pengamat sekaligus akademisi bidang media dan jurnalisme Universitas Padjadjaran Dadang Rahmat Hidayat berpesan agar seluruh insan media sentiasa menjaga hak publik atas pemberitaan yang benar dan akurat, mengingat Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini berdekatan dengan Pemilu 2024.
 
“Jurnalismenya jangan sampai menjadi jurnalisme elitis dalam konteks politik karena secara infrastruktur politik, masyarakat itu menjadi pihak yang memegang hak suara, hak atas demokrasi di pemilu nanti,” kata Dadang Rahmat Hidayat di Bandung pada Selasa.
 
Dalam tahun politik seperti saat ini, kata dia, karya-karya jurnalistik jelas memainkan peran penting dalam mengawal proses konsolidasi demokrasi serta suksesi kepemimpinan dengan cara menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan masyarakat untuk menentukan pilihan politiknya.
 
“Melalui produk jurnalistik, masyarakat sebagai pemilih bisa mendapatkan informasi yang sebaik-baiknya, lengkap, benar untuk menjadi referensinya dalam memilih, yang secara tidak langsung nantinya menentukan arah perjalanan bangsa kita,” ujarnya.

Baca juga: Polres Jayapura-Jurnalis gelar diskusi publik sambut HPN 2024

Baca juga: Monumen Pers Solo gelar pameran foto jelang HPN 2024
 
Oleh karena itu, Dadang mengingatkan agar seluruh insan media senantiasa menjaga independensi masing-masing demi menjamin informasi yang disiarkan benar, layak dan bermanfaat di tengah persaingan menyebarkan informasi secara cepat.
 
Secara khusus mengaitkan dengan pemberitaan seputar pemilu, ia juga berpesan kepada media-media arus utama yang telah terdaftar di Dewan Pers agar bergotong royong memverifikasi setiap informasi maupun pemberitaan seputar pemilu yang beredar di media sosial.
 
Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat tersebut mengatakan gotong royong itu bertujuan untuk meminimalisir penyebaran disinformasi, hoaks, ataupun kampanye hitam yang tidak hanya mendistorsi persepsi publik, namun juga menciptakan polarisasi bahkan perpecahan.
 
“Selalu ada yang namanya gatekeeper, harus selalu ada upaya verifikasi untuk menyampaikan yang benar, fakta yang dikuatkan dengan seberapa pentingnya, itulah tugas bersama media arus utama sebagai gatekeeper,” katanya.*

Baca juga: UIN Ar-Raniry dan HPN luncurkan 1.000 mahasiswa wirausaha

Baca juga: PWI Pusat beri apresiasi Gubernur Sumut dan jajaran sukseskan HPN 2023

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024