Moskow (ANTARA) - Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar, Bali dapat segera dimulai kembali setelah berakhirnya pandemi COVID-19.

"Banyak warga negara kita melancong ke Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati warga Rusia, dan jumlah kunjungan wisatawan kita telah mendekati tingkat sebelum pandemi COVID-19. Kami harap penerbangan langsung antara Moskow dan Denpasar dapat segera dibuka kembali," ucap Vorobieva pada Selasa.

Meski demikian, ia menambahkan bahwa negosiasi terkait hal tersebut masih berjalan. Selain itu, Pemerintah Rusia juga berharap kebijakan bebas visa untuk warga negara Rusia, yang diusulkan Indonesia dan kini tengah dikaji, dapat diterapkan.

"Sebelum COVID-19, Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan preferensial sehingga warga negara Rusia tidak memerlukan visa (untuk masuk ke Indonesia). Hal ini tentu saja mempermudah perjalanan bagi warga negara kita," ucap Vorobieva.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menargetkan setidaknya 14 juta wisatawan mancanegara berwisata di Indonesia pada 2024.

Sementara itu, 11 juta wisatawan asing tercatat datang ke Indonesia pada 2023, dengan Bali sebagai tujuan wisata yang paling diminati.

 

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Imigrasi Denpasar deportasi WNA Rusia langgar izin tinggal terbatas
Baca juga: BPS catat Rusia tak lagi masuk 5 besar kunjungan ke Bali Maret 2023
Baca juga: Imigrasi Bali batalkan izin tinggal WNA Rusia gelapkan pajak


Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024