Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan kehadiran Pusat Data Nasional (PDN) nantinya berperan menjadi backbone atau tulang punggung untuk penggunaan aplikasi layanan masyarakat terintegrasi yang tengah dikembangkan pemerintah.

Aplikasi layanan masyarakat terintegrasi merupakan satu aplikasi yang tengah dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai akses digital satu pintu untuk masyarakat nantinya dapat mengakses berbagai layanan yang dihadirkan pemerintah.

"Jadi nanti masyarakat bisa mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan layanan publik lewat single sign on (SSO) dan kehadiran PDN bakal jadi inrastruktur pendukung utamanya atau backbone," kata Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika Kemenkominfo Aris Kurniawan di PDN Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa.

Baca juga: PDN IKN dirancang miliki kapasitas terbesar dibanding PDN lainnya

Baca juga: PDN Cikarang diresmikan 17 Agustus 2024 oleh Presiden Joko Widodo


Aris menyebutkan bahwa aplikasi layanan publik terintegrasi itu dikembangkan oleh Kementerian Kominfo mengacu pada Peraturan Presiden RI nomor 82 tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Ia mengatakan aplikasi itu dirancang untuk menyatukan semua layanan lintas sektor yang menjadi tanggung jawab pemerintah baik itu dari kesehatan, kependudukan, hingga ekonomi.

Dalam tahap awal atau pilot project, Aris menyebut pihaknya tengah mencoba integrasi untuk layanan pendidikan, kesehatan, kependudukan, dan bantuan sosial.

Dengan hadirnya PDN sebagai tempat untuk mengumpulkan banyak data dari berbagai instansi pemerintah, Aris berpendapat bahwa operasional aplikasi layanan masyarakat terintegrasi tersebut bisa terealisasi dengan optimal.

"Dengan data terkumpul di sini (di PDN), kami bisa mengelola lebih bagus, dan bisa memanfaatkan big data dengan teknologi terbaru, dan bisa memanfaatkan output-nya agar menjadi masukkan yang bagus ke pimpinan membuat keputusan lebih tepat dan cepat. Termasuk untuk layanan masyarakat," kata Aris.

Aris memperkirakan aplikasi layanan masyarakat terintegrasi tersebut dapat rampung sebelum semester II 2024 dan mungkin akan hadir dalam dua versi yaitu aplikasi seluler dan aplikasi web.

Adapun untuk dukungan PDN, saat ini Kemenkominfo telah memiliki PDN sementara dalam bentuk cloud.

Sementara untuk PDN fisik yang paling dekat akan terealisasi ialah PDN Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan peresmian direncanakan pada 17 Agustus 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan infrastruktur PDNS khusus untuk Pemilu 2024

Baca juga: Kemenkominfo koordinasi dengan DPR soal progres pembangunan PDN


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024