Nasabah juga cukup gede. Saat ini sudah sampai 25 juta sampai awal tahun 2024. Sebanyak 65 persen merupakan wanita
Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian mencatat jumlah nasabah mencapai 25 juta hingga awal tahun 2024, dengan persentase 65 persen di antaranya merupakan wanita berusia produktif.

“Nasabah juga cukup gede. Saat ini sudah sampai 25 juta sampai awal tahun 2024. Sebanyak 65 persen merupakan wanita,” kata Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan saat konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Damar menjelaskan bahwa sebagian besar pinjaman di Pegadaian digunakan untuk keperluan produktif, yang mencapai 94 persen hingga tahun 2023. Menurutnya meskipun jumlah gadai kecil, namun rata-rata digunakan untuk produktif.

“Pinjaman di Pegadaian agak unik, karena orang datang ke Pegadaian itu untuk produktif. Jadi, kami 90 persen lebih itu untuk kredit produktif. Dalam arti meskipun gadainya hanya Rp5 juta atau Rp4 juta, tetapi memang untuk produktif,” ucap Damar.

Sementara itu, lanjut Damar, nasabah Pegadaian mayoritas berusia di bawah 45 tahun atau mencapai 63 persen. Hal tersebut, kata Damar, menunjukkan bahwa banyak dari nasabah Pegadaian kredit produktif.

“Sedangkan 82 persen pinjaman gadai. Semua produk kami ada cuma bedanya dengan perbankan itu cuma satu yaitu kita tidak terima tabungan uang, tetapi tabungan emas kami terima,” tambah Damar.

Baca juga: Pegadaian tambah outlet di daerah "blank spot" demi layanan maksimal
Baca juga: Pegadaian catat pertumbuhan aset dalam lima tahun terakhir


Damar menambahkan Outstanding Loan (OSL) Pegadaian hingga tahun 2023 mencapai Rp67,6 triliun. Data tersebut meningkat bila dibanding tahun 2022 tercatat Rp59,1 triliun.

Tidak hanya itu, lanjut Damar, kualitas pembiayaan Pegadaian pun dinilai semakin sehat dengan adanya penurunan NPL yang signifikan dari sebelumnya 1,2 persen di 2022 menjadi 0,85 persen di 2023.

Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah menambahkan bahwa pihaknya memiliki strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah di tahun 2024.

Elvi mengatakan selain menggaet masyarakat kalangan menengah, pihaknya akan melakukan ekspansi menyasar nasabah prioritas dan privat dengan memaksimalkan bekerja sama yang telah dibangun bersama BRI grup.

“Kita juga menyalurkan program pemerintah kredit usaha rakyat (KUR), ini sebagai pintu masuk. Kemarin di tahun 2023 pertumbuhannya nasabah baru sampai dengan 30 persen sehingga ini menjadi channel untuk menambah jumlah nasabah,” ujar Elvi.

Ia mengaku bahwa pihaknya juga memiliki beragam layanan baru terutama untuk menyasar kaum milenial untuk menjadi nasabah baru di Pegadaian.

“Di sisi yang lain kami juga menyiapkan segmen baru terutama untuk milenial, bagaimana mengajak milenial untuk melak investasi,” kata Elvi.

Baca juga: Pegadaian buka peluang bagi mahasiwa bantu atasi pembayaran SPP
Baca juga: Pegadaian sebut tunggu POJK soal bank emas


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024