Sebagai perguruan tinggi negeri milik pemerintah, kami terus berupaya meningkatkan semangat kebangsaan bagi seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa yang berasal dari luar Aceh
Meulaboh (ANTARA) - Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Prof Dr Ishak Hasan mendorong semangat kebangsaan bagi mahasiswa asal Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT), yang saat ini tercatat belajar di perguruan tinggi negeri tersebut melalui program beasiswa Afirmasi.

“Sebagai perguruan tinggi negeri milik pemerintah, kami terus berupaya meningkatkan semangat kebangsaan bagi seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa yang berasal dari luar Aceh,” kata Prof Ishak Hasan kepada wartawan di Meulaboh, Rabu.

Seperti diketahui, Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) merupakan program keberpihakan pemerintah, untuk membantu perguruan tinggi mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah terdepan, terluar dan tertinggal.

Program ini sebagai upaya pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi seluas-luasnya kepada lulusan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

Baca juga: UTU Meulaboh Aceh perbanyak beasiswa hindari mahasiswa terjerat pinjol

Ada pun kualifikasi mahasiswa yang dapat menerima bantuan afirmasi pendidikan diantaranya berasal dari Papua, berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T), anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari wilayah perbatasan, dan mahasiswa penyandang disabilitas, serta mahasiswa perguruan tinggi yang terkena dampak bencana alam atau konflik sosial.

Ishak Hasan menjelaskan, kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.

Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, dan kepastian memperoleh layanan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat usia sekolah menengah yang terkendala oleh hambatan geografis dan/atau ekonomi (kemiskinan).

Baca juga: UTU Meulaboh berencana buka program studi ilmu pangan

Ishak Hasan menjelaskan saat ini jumlah mahasiswa yang belajar di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, tercatat mencapai 30 orang dan berasal dari sejumlah daerah di Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pihaknya menyambut baik kehadiran mahasiswa dan mahasiswi yang mendapatkan pendidikan melalui program Afirmasi, karena dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan semangat kebangsaan, meningkatkan keberagaman, sekaligus mempromosikan kebudayaan Aceh.

Pihaknya juga memastikan semua proses pendidikan bagi mahasiswa program afirmasi tetap sema seperti mahasiswa lainnya yang belajar di perguruan tinggi negeri tersebut.

“Baru-baru ini kami juga dikunjungi oleh perwakilan Pemerintah Papua Barat Daya yang berkunjung ke Aceh Barat, dan Pemerintah Papua Barat Daya sangat berterima kasih karena banyak putera-puteri Papua yang belajar di Universitas Teuku Umar Meulaboh,” demikian Prof Ishak Hasan.

Baca juga: Stafsus Presiden puji kampus hijau Universitas Teuku Umar Meulaboh
Baca juga: Fahri sarankan UTU jadi pusat studi ekonomi syariah

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024