Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada hari ke-71 kampanye pemilu, Selasa (6/2), menyoroti keputusan atas pelanggaran etik KPU, serta putusan pelanggaran etik MK yang terjadi pada proses demokrasi yang berlangsung.

Adapun pasangan Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud semakin masif menjangkau masyarakat dalam pelaksanaan kampanye akbar di berbagai daerah.

Berikut rangkaian substansi kegiatan kampanye masing-masing pasangan calon.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan melaksanakan kampanye terbuka di Lapangan Karang Pule, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Terdapat momen menarik saat Anies berkampanye menggunakan bahasa Sasak.

Pada agenda tersebut, Anies mengatakan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu menjadi peringatan bagi pimpinan dan anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk tidak lagi melakukan pelanggaran etik.

Anies juga mengajak seluruh pendukungnya dari seluruh daerah di Indonesia, termasuk dari NTB, untuk meramaikan kampanye hari terakhir Pilpres 2024 di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 10 Februari mendatang.

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan (kiri) berswafoto dengan relawan dan simpatisanya saat menghadiri konsolidasi akbar DPW Partai NasDem Sulsel di Lapangan Nasdem, Jalan Bau Massepe, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). ANTARA/Darwin Fatir.
Pada agenda kampanye akbar Partai Nasional Demokrat di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Anies menyoroti wilayah melaut nelayan yang sempit, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan mereka sehari-hari.

Ia juga menyebut Kota Parepare di Provinsi Sulawesi Selatan, masuk salah satu kota dari 40 kabupaten kota di Indonesia akan dibangun apabila terpilih menjadi presiden dan wakilnya Muhaimin Iskandar memimpin bangsa Indonesia setelah Pemilu 2024.

Cawapres Muhaimin Iskandar, menghadiri acara Selawat dan Rojabiah dengan ratusan kiai dan nyai kampung di Pondok Pesantren Raudhotuttholabah, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Muhaimin mengklaim para kiai dan tokoh se-Banyuwangi bagian selatan sudah sangat solid untuk memenangkan AMIN pada Pemilu 2024, dan dapat meraup 50 persen suara pemilih di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kemudian pada kampanye akbar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Banyuwangi, Jawa Timur, Muhaimin berjanji akan menggenjot produksi pupuk.


Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bersama petinggi dan kader-kader partai memperingati HUT ke-16 Partai Gerindra di Bali untuk meneladani semangat pahlawan.

Prabowo meminta kader dan pendukungnya untuk menurunkan baliho yang berunsur kampanye sebelum masa tenang Pemilu 2024 dalam kesempatan itu.

Peringatan HUT Gerindra dilanjutkan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, dengan acara yang sederhana. Prabowo menginstruksikan para petinggi dan kader untuk merayakan dwi-windu Gerindra secara sederhana.

 

Masa pendukung pasangan Capres Prabowo dan Cawapres Gibran mengibarkan bendera Partai Gerindra di lapangan KONI Sario Manado, Sulawesi Utara, Senin (5/2/2024). ANTARA/Karel A Polakitan/aa.
Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo melakukan kampanye akbar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ganjar mengedepankan sumber daya manusia untuk mengatasi persoalan di wilayah tersebut, sambil memperkenalkan programnya.

Ganjar juga mengedukasi masyarakat di sana mengenai penanganan tengkes yang tidak bisa hanya dengan makan siang gratis, serta perlakukan kepada masyarakat dengan disabilitas.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengingatkan agar pemerintah harus memperhatikan sikap rakyat, dari kalangan akademisi hingga masyarakat sipil terhadap pelanggaran etika pemilu.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) bertemu warga dan menyapa pendukungnya saat kampanye bertajuk Njathil Bareng Mas Ganjar di Embung Kaliaji, Wonokerto, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (6/2/2024). . ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/rwa. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Ada momen menarik dimana Ganjar mengajak makan siang pendukung capres Prabowo Subianto yang menyambut dengan spanduk.

Di hari yang sama, Ganjar mendatangi Embung Kaliaji yang terletak di Dusun Sangurejo, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Serta Pondok Pesantren (Ponpes) Al Munawwir Krapyak, Bantul, Yogyakarta untuk bersilaturahmi.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024