Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendorong penguatan peran dari para tokoh dalam upaya meningkatkan pengimplementasian demokrasi secara optimal di tengah masyarakat.
 
Teras Narang dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, menyatakan dirinya melakukan pertemuan dan membahas masalah demokrasi hingga penguatan lembaga adat, kepada sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.
 
"Dalam pertemuan tersebut terungkap mutu masyarakat dalam berdemokrasi dan menghargai perbedaan pilihan maupun pendapat harus terus ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Pesantren Kediri: Edukasi film tingkatkan jiwa demokrasi santri
 
Atas kondisi itu, dirinya melihat peran para tokoh, baik itu tokoh adat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat, perlu dioptimalkan dalam meningkatkan mutu demokrasi di masyarakat.
 
Senator asal Kalimantan Tengah itu pun menyarankan sekaligus mendorong pemerintah daerah, memberi perhatian dan kesejahteraan atas peran para tokoh tersebut. Sebab, sebagai simpul serta suluh di masyarakat, peran para tokoh ini menjadi penting dalam membantu pemerintah daerah.

Baca juga: Polresta tingkatkan kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di Banda Aceh
 
Teras Narang mengatakan, pemda jangan sampai abai terhadap peningkatan kapasitas dari para tokoh di Kalimantan Tengah, terkhusus di Murung Raya.
 
"Dengan begitu, para tokoh lebih berdaya dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat, terkhusus di komunitasnya masing-masing," kata dia.

Baca juga: Anggota DPR: Sistem pemilu tertutup membuat masyarakat jadi apatis
 
Mengenai rusaknya demokrasi dan mental masyarakat karena politik uang, mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-215 itu pun bercerita tentang pengalamannya pertama kali masuk ke dunia politik sejak tahun 1998.
 
Di mana, sejak saat itu, dirinya selalu menolak politik uang. Bahkan saat akan menjadi kepala daerah, dirinya juga tidak mau maju dengan cara transaksional, sampai akhirnya pimpinan partai dengan arif mendorong dirinya maju tanpa mahar.
 
"Itulah yang membuat saya bebas tanpa beban melayani masyarakat Kalimantan Tengah," ungkap Teras Narang.

Baca juga: Anggota DPR: Ruang digital berpotensi tingkatkan kualitas demokrasi
 
Mantan Anggota DPR RI periode 1999-2004 dan 2004-2005 ini pun berharap, para tokoh masyarakat yang maju dalam kontestasi pemilihan umum tahun 2024, baik pilpres maupun pileg, agar membawa nilai ini juga sebagai pembeda dalam kontestasi politik.
 
"Kalau kita memang berjuang dan ditakdirkan mendapat amanah, maka kita akan mendapatkannya. Bila tidak, berapa pun uang yang dipakai membeli suara, tak akan membawa kita pada amanah yang seharusnya," demikian Teras Narang.

Baca juga: Akademisi dorong penguatan kaderisasi parpol tingkatkan demokrasi
Baca juga: Anggota DPR: Demokrasi, hukum, dan etika tingkatkan kualitas demokrasi

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Jaya W Manurung
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024