Rata-rata jumlah penumpang KA pada saat weekday (Senin-Jumat) sekitar 6 ribu hingga 7 ribu penumpang, sedangkan pada pekan ini tercatat sekitar 8 ribu hingga 9 ribu penumpang
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Okupansi penumpang kereta api di sejumlah stasiun wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember meningkat saat libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek.

"Peningkatan jumlah penumpang yang naik kereta dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 Jember terlihat mulai hari ini," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Rabu.

Berdasarkan data, lanjut dia, jumlah penumpang kereta api berbagai tujuan yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 9 Jember pada Rabu ini mencapai 9.170 orang, sedangkan pada Rabu (31/1) pekan lalu tercatat sebanyak 6.884 orang, sehingga ada peningkatan sekitar 33 persen.

"Rata-rata jumlah penumpang KA pada saat weekday (Senin-Jumat) sekitar 6 ribu hingga 7 ribu penumpang, sedangkan pada pekan ini tercatat sekitar 8 ribu hingga 9 ribu penumpang," katanya.

Jumlah penumpang KA yang sudah membeli tiket kereta pada 7 Februari 2024 tercatat sebanyak 9.170 orang, pada Kamis (8/2) sebanyak 8.034 orang, Jumat (9/2) sebanyak 6.775 orang, Sabtu (10/2) sebanyak 7.638 orang, dan Minggu (11/2) sebanyak 8.033 orang.

"Totalnya 39.650 tiket KA yang ludes terjual hingga Rabu ini, namun jumlah tersebut terus bergerak karena sebagian besar penumpang membeli tiket secara daring," katanya.

Menurut dia, tiket KA yang paling banyak dipesan oleh masyarakat untuk bepergian pada Kamis (8/2) yakni KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya, KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang, KA Sritanjung relasi Ketapang-Yogyakarta, dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap.

"Bagi penumpang yang ingin bepergian dengan KA tersebut bisa memilih perjalanan dengan KA yang lain, atau memanfaatkan fitur connecting train," ujarnya.

Cahyo mengatakan jumlah tiket KA yang sudah yang sudah terjual untuk keberangkatan pada 7-11 Februari 2024 sebanyak 39.650 tiket dan dibandingkan periode yang sama pekan sebelumnya pada 31 Januari hingga 4 Februari 2024 sebanyak 38.883 tiket, sehingga meningkat 20 persen.

"Kami berkomitmen melayani penumpang KA sebaik mungkin pada libur panjang peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun baru Imlek melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan berkesan," katanya.

Baca juga: Daop Jember catat 36.056 tiket KA ludes terjual selama libur panjang

Baca juga: Perjalanan KA di Daop Jember normal kembali usai KA Pandalungan anjlok

Baca juga: KAI Jember: 127.654 penumpang gunakan KA saat libur Natal-tahun baru

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024