kami lakukan jemput bola datang langsung ke percetakan di pulau Jawa
Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) melakukan pengambilan langsung surat suara di percetakan untuk mengganti yang rusak dan juga kurang pada pengiriman sebelumnya.

"Jadi kami lakukan jemput bola datang langsung ke percetakan di pulau Jawa guna memastikan proses pergantian surat suara ini tuntas terselesaikan," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Rabu.

Salah satu yang disambangi petugas KPU Kalsel yang didampingi unsur Bawaslu Kalsel dan aparat Polda Kalsel yakni PT Temprina Media Grafika di Gresik, Jawa Timur.

Di perusahaan percetakan ini, ditugaskan oleh KPU untuk mencetak surat suara Pemilu Legislatif DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota.

Baca juga: KPU Surakarta terima ribuan surat suara pengganti rusak Pemilu 2024
Baca juga: KPU Riau usulkan cetak 39 ribu surat suara tambahan karena rusak


Ia menjelaskan, sebelum diserahkan oleh pihak perusahaan kepada KPU, terlebih dahulu surat suara disortir langsung di tempat agar tidak ada lagi surat suara yang rusak atau kurang.

Selanjutnya surat suara dikemas dan dibawa sendiri oleh masing-masing KPU Kabupaten dan Kota di Kalsel dengan pengamanan dari polisi.

Tenri menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan atas komitmennya dalam memenuhi kebutuhan logistik pemilu tersebut, sehingga masalah kerusakan dan kekurangan dapat terselesaikan sebelum hari pemungutan suara.

Diketahui dari 13 daerah di Kalsel, paling banyak mengalami kekurangan surat suara akibat rusak saat proses pelipatan dan sortir yaitu Kota Banjarmasin sebanyak 4.570 lembar dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2.842 lembar.

Baca juga: KPU Jakpus ajukan penggantian kotak surat suara yang rusak
Baca juga: KPU Tangsel: 16 ribu surat suara pemilu rusak
Baca juga: Bawaslu Kalsel temukan 11.031 surat suara di Kotabaru rusak dan kurang

Pewarta: Firman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024