Jadi orang desa yang jauh dari ibu kota kecamatan tidak usah ke kecamatan karena di desanya akan disediakan
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md berjanji akan mewujudkan satu desa tersedia Puskesmas melalui program "1 Desa 1 Faskes 1 Nakes" pada tahun pertama memimpin Indonesia bersama calon presiden Ganjar Pranowo.

"Kami mempunyai program. Nanti kalau kami terpilih, pada tahun-tahun pertama akan segera dirintis untuk dimulai untuk setiap satu desa ada satu puskesmas, ada satu tenaga kesehatan," kata Mahfud dalam acara Tabrak, Prof! di Pos Bloc, Jakarta, Rabu.

Menurut Mahfud, saat ini fasilitas kesehatan (faskes) seperti puskesmas belum tersedia di setiap desa. Bahkan, lanjut dia, satu puskesmas harus melayani pengobatan penduduk yang berasal lebih dari satu desa.

"Seperti yang kita tahu, sekarang ini puskesmas itu belum ada di desa-desa. Masih ada di tingkat kecamatan, dan kadangkala kalau ada di desa satu Puskesmas itu untuk melayani lima desa, dan itu menghambat orang yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Ganjar targetkan Satu Desa Satu Puskesmas untuk Indonesia Emas
Baca juga: Politikus PDIP: 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes, program realistis


Oleh sebab itu, kata mantan Menko Polhukam itu, melalui program "1 Desa 1 Faskes 1 Nakes" maka masyarakat tidak perlu jauh berobat sehingga tidak menyebabkan kematian karena sulitnya mendapatkan perawatan.

"Jadi orang desa yang jauh dari ibu kota kecamatan tidak usah ke kecamatan karena di desanya akan disediakan," kata Mahfud.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies janji tingkatkan tenaga dan fasilitas kesehatan secara merata
Baca juga: Hashim klaim Prabowo-Gibran punya solusi tanggulangi masalah kesehatan
Baca juga: IDAI: Pendirian 300 FK jangan hanya mengejar kuantitas

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024