kita mau wisata bareng keluarga karena kan mumpung hari libur
Jakarta (ANTARA) - Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan dipadati penumpang commuter line yang hendak berpergian ke tempat wisata pada libur nasional dan cuti bersama Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.
 
"Iya kita mau wisata bareng keluarga karena kan mumpung hari libur, jadi kita naik kereta biar tidak kena macet di jalan," kata salah seorang  penumpang commuter line, Aditya (43) di Stasiun Bekasi, Kamis.
 
Menurut pengalaman Adit, kepadatan ini akan semakin bertambah sampai di Stasiun Manggarai yang merupakan stasiun transit ke berbagai tujuan seperti Tanah Abang, Jakarta Kota, dan Bogor.
Suasana di Stasiun Manggarai saat libur nasional, Kamis (8/2/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Selain itu, banyak warga di Stasiun Manggarai yang membawa anak dan kerabatnya untuk berpergian ke sejumlah objek wisata untuk mengisi libur nasional.
 
"Iya karena libur kerja, terus ada waktu, jadi kita liburan dulu ke Monas ajak anak-anak main di sana bareng sepupu dan saudara," kata Ningsih (32) penumpang KRL lainnya.
 
Ningsih mengaku kerap khawatir membawa keluarga dan saudaranya ke Monas naik kereta karena harus berdesak-desakan dengan penumpang lain di dalam kereta maupun ketika harus transit di Stasiun Manggarai.
 
Penumpang di Stasiun Manggarai terlihat mulai berdesak-desakan dan berlarian mengejar kereta tujuannya sejak pukul 08.00 WIB. Hingga siang ini, penumpang masih terus ramai di commuter line tujuan Kampung Bandan, Jakarta Kota, dan Bogor.
 
Diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meniadakan kebijakan ganjil genap kendaraan untuk sementara waktu pada 8-9 Februari sehubungan dengan hari libur dan cuti bersama.
 
"Karena libur dan cuti bersama terkait peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, maka kebijakan ganjil genap ditiadakan pada 8-9 Februari," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis.
Baca juga: Dishub DKI tiadakan sistem ganjil genap kendaraan pada 8-9 Februari
Baca juga: Ancol targetkan 300 ribu wisatawan pada libur Imlek dan Isra Mikraj
Baca juga: Kemeriahan stasiun kereta di Jakarta menyambut Tahun Baru Imlek

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024