saat perayaan malam Tahun Baru Imlek, kelenteng akan dibuka selama 24 jam
Jakarta (ANTARA) - Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Tanah Abang, Jakarta Pusat tetap merayakan Tahun Baru Imlek meskipun bertepatan dengan tahun politik Pemilu 2024.

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin  sudah melakukan aksi bersih-bersih hingga membungkus dupa yang nantinya akan diberikan untuk para umat, kata  pengelola Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Lucas Tjang.

"Untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tahun naga kayu ini, persiapan vihara kita sudah selesai bersih-bersih. Dari tahun ke tahun sama, rutinitasnya seperti itu,” kata Lucas di Jakarta, Kamis.

Lucas menjelaskan saat perayaan malam Tahun Baru Imlek, kelenteng akan dibuka selama 24 jam. Setiap menjelang hari pertama dan hari ke-15 Imlek, Lucas mengatakan pihak klenteng akan memberikan alat-alat sembahyang secara gratis untuk umat.

Lebih lanjut Lucas memaparkan, pada momen Imlek, biasanya umat yang hadir dapat mencapai ribuan orang. Kebanyakan umat yang hadir berasal dari pedagang Tanah Abang.

Kendati demikian, perayaan Imlek di kelenteng tersebut hanya akan berfokus pada kegiatan ibadah sembahyang saja. Tidak ada pesta kembang api maupun pertunjukan barongsai pada momen Imlek.

Di tahun naga kayu ini, Lucas  berharap  seluruh umat dapat diberi kesehatan serta kemakmuran rezeki yang melimpah.

“Naga kayu ini dinilai membawa banyak sekali berkah karena ini siklus 60 tahun sekali. Semoga semuanya diberi kesehatan yang baik, kemakmuran dan rezeki yang melimpah,” ujar Lucas.
Baca juga: Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Tanah Abang tiadakan perayaan malam Imlek
Baca juga: Ancol targetkan 300 ribu wisatawan pada libur Imlek dan Isra Mikraj
Baca juga: "Contraflow" Tol Jakarta-Cikampek mulai berlaku pukul 07.35 WIB


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024