Bandung (ANTARA News) - Forum Rektor Indonesia mengadakan Konvensi Calon Presiden Rakyat untuk memberi rakyat kandidat-kandidat terbaik bagi pemilihan presiden 2014.

"Kami sedang siapkan mekanisme penjaringan calon. Diusahakan Desember 2013 bisa dimulai dan diharapkan calon terbaik sudah bisa diperoleh sebelum pemilihan legislatif bulan April 2014," kata Ketua FRI Prof. Dr. Laode Kamaluddin kepada pers di Bandung, Jumat.

Laode berada di Bandung sebagai narasumber dalam acara sarasehan Lembaga Indonesia Asa.

Laode yang juga Rektor Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang menyebut demokrasi di Indonesia sedang stagnan sehingga rakyat semakin tak peduli pada proses politik.

Berdasarkan hasil riset FRI, Laode menjelaskan ada sejumlah faktor yang memperbesar kekecewaan rakyat pada politik.

Faktor-faktor tersebut antara lain hilangnya moralitas dan keteladanan pemimpin, korupsi semakin mewabah, pemilu/pilkada sudah tidak sehat, hasilnya malah menciptakan kerusuhan.

Selain itu, faktor-faktor pendidikan politik melalui survei-survei malah membodohi dan membuat rakyat bingung dan penegakan hukum jauh dari rasa keadilan, selain juga tidak menunjukkan keberpihakan kepada rakyat miskin.

"Sebagai forum tertinggi tempat berkumpulnya pimpinan kaum intelektual di negeri ini, FRI tak boleh diam. Masyarakat butuh pegangan, keteladanan dan harapan. Makanya kami ambil inisiatif melaksanakan sendiri konvensi Capres pilihan rakyat," kata Laode, pakar ekonomi kelautan terkemuka Indonesia.

Pewarta: Edi Utama
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013