Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di Indonesia sepanjang Kamis (8/2), di antaranya Presiden RI Joko Widodo memaknai peringatan Isra Mikraj 2024 sebagai momentum berjalan ke kehidupan yang lebih hingga banjir di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mulai surut.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Isra Mikraj, Presiden: Kita berjalan ke arah kehidupan lebih maju
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaknai peringatan Isra Mikraj 2024 sebagai momentum bagi bangsa Indonesia untuk berjalan ke arah cahaya yang terang benderang dan kehidupan yang lebih maju di tengah tantangan global.
 
"Kehidupan dunia memang penuh dengan ketidakpastian, disrupsi, juga tantangan. Akan tetapi, ada satu yang pasti: kita tetap berjalan ke arah cahaya yang terang benderang dan kehidupan yang lebih maju," demikian petikan narasi yang dilansir dari video pendek Reels akun Instagram @jokowi di Jakarta, Kamis (8/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Wapres: Maknai Isra Mikraj sebagai peningkatan takwa kepada Tuhan
 
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan makna peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah upaya meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan kewajiban sebagai umat beragama.
 
"Isra Mikraj seharusnya dimaknai sebagai upaya peningkatan takwa umat Islam kepada Tuhan Semesta Alam dengan melaksanakan kewajiban sholat sebagai bentuk pengabdian," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam pernyataannya melalui postingan di akun Instagram (IG) @kyai_marufamin yang dilansir di Jakarta, Kamis (8/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Imam Istiqlal: Masjid RI diakui PBB sebagai model pengembangan masa depan
 
Imam besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. mengatakan bahwa masjid di Indonesia dianggap oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai model dalam pengembangan masjid di masa depan.
 
Nasarudin menjelaskan, dia menemui perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, yaitu United Nations Under-Secretary-General (UNAOC) Miguel Ángel Moratinos Cuyaubé, di New York, Amerika Serikat. Dia mengatakan, dalam kesempatan tersebut, PBB mengatakan mereka mencontoh Masjid Istiqlal dalam hal pengembangan.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Kemenkes: 95 persen anak Indonesia harus sudah imunisasi
 
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengatakan, 95 persen anak-anak di Indonesia harus sudah imunisasi, karena itu pihaknya menambah jumlah vaksin dalam imunisasi rutin, dari 11 menjadi 14 jenis.
 
“Karena saya lihat ada beberapa kabupaten/kota yang bisa mendekati -target- nasional, tapi ada kabupaten/kota yang sangat jauh sekali imunisasi dasar lengkapnya,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Kamis (8/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Banjir di Kabupaten Grobogan mulai surut
 
Bencana banjir yang terjadi di puluhan desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mulai surut sehingga tim sukarelawan dari BPBD maupun berbagai elemen masyarakat bekerja sama membersihkan jalan maupun fasilitas umum.
 
"Di antaranya di kawasan Kota Purwodadi saat ini banjir mulai surut, meskipun masih ada genangan banjir," kata Kabid Kadaruratan dan Logistik BPBD Grobogan Soewignyo, di Grobogan, Kamis.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024