Jakarta (ANTARA) - Tim balap Red Bull KTM siap mengumumkan tampilan baru dari motor RC16 2024 yang akan menjadi tunggangan Brad Binder dan Jack Miller untuk menghadapi MotoGP musim ini.

Dikutip dari keterangan resmi, Sabtu, tim dan pembalap akan mengungkapkan harapan dan ekspektasi baru mereka terkait konsep desain dan teknis motor pada Senin (12/2), tak lama setelah tim menyelesaikan uji coba MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Sepang, awal pekan ini.

Binder mengungkapkan, sesi uji coba yang berlangsung selama tiga hari di Sepang merupakan salah satu sesi tes pramusim terbaik yang pernah ia jalani.

“Kami masih belum menyatukan semuanya untuk melihat potensi penuh dari motor ini, namun kami telah mencoba banyak hal berbeda. Setelah kami mengevaluasinya nanti, baru kami akan menentukan posisi untuk langkah selanjutnya,” kata Binder.

Mengenai jalannya tes pramusim secara keseluruhan, pembalap asal Afrika Selatan itu mengatakan banyak fokus pada kombinasi dan mengaplikasikan mode menyerang demi mencapai catatan waktu yang diinginkan.

“Selain itu, kami membuat kemajuan di sisi elektronik dan pengereman mesin terasa lebih baik, begitu pula kontrol traksi. Secara umum kami membuat kemajuan yang baik dan orang-orang di pabrik dapat memahami lebih banyak tentang motor ini,” ujar Binder.

Baca juga: Diggia sebut adaptasi di VR46 lancar, Bezzecchi ungkap masih kesulitan

Sependapat, Miller mengatakan para teknisi dan pembalap telah bekerja dengan baik selama uji coba di Sepang. Meski demikian, Miller menilai masih memiliki beberapa area yang ingin ia tingkatkan secara pribadi dengan pengaturan tertentu.

“Tapi, tujuan utama dari sesi ini adalah memahami setiap item dan kombinasinya serta mencoba membangun RC16 yang akan menjadi motor kami untuk musim 2024. Kami cukup dekat dengan tujuan utama kami,” kata Miller.

Manajer Tim KTM Red Bull Francesco Guidotti menambahkan, ia masih belum puas dengan kecepatan dari motor dan masih memiliki beberapa potensi lainnya untuk ditingkatkan sehingga RC16 bisa menjadi lebih kompetitif.

“Kinerja aerodinamika kami terlihat, kami juga melakukan pekerjaan di sisi elektronik, mesin, dan juga rangka. Tapi, kami masih bisa mencapai kecepatan di antara perubahan pengaturan,” kata Guidotti.

“Semuanya terfokus pada apa yang bisa kami lakukan untuk balapan musim ini dan kami sangat senang dengan kemajuan yang kami buat,” ujar Manajer Teknis Red Bull KTM Sebastian Risse.

Baca juga: Quartararo dan Rins soroti peningkatan aerodinamika YZR-M1 di Sepang
Baca juga: Bagnaia tercepat dalam tes MotoGP hari ketiga di Sirkuit Sepang


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024