SKW III Lampung akan melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan harimau tersebut
Pesisir Barat (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung membenarkan kemunculan harimau sumatera di jalan lintas Barat Tanggamus-Krui Pesisir Barat yang terekam kamera warga.

Sebelumnya telah beredar luas di media sosial penampakan seekor harimau sumatera yang berada di jalan lintas barat tepatnya di jalan lintas barat, Pekon (Desa) Pemerihan, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami sudah mengkonfirmasi sumber video tersebut, melalui Kepala Resort Pemerihan BBTNBBS, bahwa lokasi bukan di Sedayu seperti narasi yang ada dalam video, melainkan kemunculan harimau tersebut di Jalan Lintas Barat Sanggi Bengkunat Pemerihan," kata Irhamuddin, selaku Humas BKSDA Bengkulu SKW III Lampung, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Sabtu.

Atas kemunculan harimau sumatera tersebut, pihaknya akan melakukan mitigasi dan akan melakukan penangan tepat terhadap hewan buas tersebut.

"Terkait dengan video yang beredar, tentunya BKSDA Bengkulu melalui SKW III Lampung akan melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan harimau tersebut," katanya.

Baca juga: BKSDA bawa harimau masuk kandang jebak ke Taman Margasatwa Bukittinggi
Baca juga: BKSDA: Harimau masuk perangkap di Aceh Selatan dalam kondisi sehat


Untuk saat ini, menurut dia, pihak BKSDA akan menunggu informasi lebih lanjut dan akan berkoordinasi dengan tim yang berada di lapangan untuk melakukan langkah-langkah mitigasi.

"Kami masih menunggu informasi perkembangan dari tim di lapangan, kemudian selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah mitigasi yang tepat untuk satwa harimau sumatera," ujarnya.

Namun pihaknya memastikan bahwa korban warga diterkam harimau di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, yang terjadi pada Kamis (08/02/24) lalu bukan oleh harimau yang terpantau kamera warga.

"Korban harimau sumatera yang terjadi di Suwoh, bisa kami pastikan individu yang berbeda," ujar dia pula.

Baca juga: BKSDA Sumbar gunakan drone thermal pantau harimau sumatra
Baca juga: BKSDA Bengkulu selidiki jejak mirip harimau di kebun warga
Baca juga: Harimau masuk kebun warga di Indragiri Hulu, BKSDA Riau: Tetap waspada

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024