Semburan abu vulkanik masih terus terjadi...
Karo, Sumut (ANTARA News) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu sekitar pukul 09.00 WIB, masih menyemburkan abu vulkanik dan batu-batu kecil, pascaletusan yang terjadi sekitar pukul 02.51 WIB.

"Semburan abu vulkanik masih terus terjadi, tetapi tidak sebanyak dinihari tadi," kata Pakor Ginting, petugas pemantau Gunung Sinabung, di kawasan Lau Kawar, Kabupaten Karo.

Sedangkan percikan api dari kawah gunung tersebut nyaris tidak terlihat lagi.

Ia menjelaskan, debu vulkanik tersebut dominan mengarah ke sebagian besar desa yang berlokasi di Kecamatan Namanteran.

Debu vulkanik juga mulai menyelimuti rumah dan kawasan ladang sayur mayur warga di kaki Gunung Sinabung.

Kondisi tersebut mengharuskan sejumlah warga desa di sekitar perbukitan Gunung Sinabung sejak dinihari mengungsi ke lokasi yang dianggap aman dari sebaran debu yang dimuntahkan gunung berapi aktif tersebut.

Keterangan yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, menyebutkan sebagian besar warga dari empat desa di sekitar Gunung Sinabung telah dievakuasi.

Empat desa itu, masing-masing Desa Sinabung, Kutarayat, Kutagunggung, Simacem, dan Bekerah.

Mereka diungsikan sementara ke sejumlah jambur atau balai pertemuan adat dan pendopo rumah dinas Bupati Karo di Kabanjahe.

Petugas BPBD setempat dibantu personel TNI dan Polri terus membantu proses evakuasi warga di sekitar lokasi gunung yang meletus sekitar pukul 02.51 WIB itu.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status gunung menjadi Siaga (Level III).

Dengan status level III tersebut, dinyatakan tidak boleh ada aktivitas di radius tiga kilometer dari kawah Gunung Sinabung.

Hingga kini tim BNPB dan BPBD Sumut yang berada di lokasi bencana masih terus memantau aktivitas Gunung Sinabung.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013