Kami menghadirkan atraksi Barongsai, memasang ornamen dan pernak pernik dengan nuansa Imlek serta penggunaan pakaian khas Tionghoa oleh frontliner dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek dan apresiasi kepada pelanggan
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menghadirkan atraksi barongsai dari kelompok Barongsai Naga Langit untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2575 dengan menyapa penumpang di Stasiun Jember, Sabtu.

"Pertunjukan barongsai dilakukan untuk menghibur penumpang dan pengantar KA Tawangalun, KA Sritanjung dan KA Probowangi," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember.

Selain itu, lanjut dia, petugas yang melayani penumpang di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang, mulai dari customer service, loket dan announcer memakai baju dengan nuansa Tionghoa.

"Kami menghadirkan atraksi Barongsai, memasang ornamen dan pernak pernik dengan nuansa Imlek serta penggunaan pakaian khas Tionghoa oleh frontliner dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek dan apresiasi kepada pelanggan," katanya.

Beberapa hiasan lampion, ornamen naga, gapura, serta berbagai pernak pernik lainnya memeriahkan Tahun Baru Imlek di Stasiun Jember.

Ornamen dan hiasan khas Imlek tersebut terpasang di Stasiun Jember, Banyuwangi Kota dan Stasiun Ketapang dengan tujuan agar penumpang dapat merasakan nuansa Imlek saat berada di stasiun, sehingga menciptakan suasana penuh warna dan kegembiraan.

Menurut dia, penumpang maupun pengantar yang sedang berada di Stasiun Jember bukan hanya bisa melihat atraksi barongsai saja, mereka juga dapat berinteraksi secara langsung seperti memberikan angpao dan berfoto bersama.

"KAI Daop 9 Jember juga membagikan doorprize dan souvenir untuk pelanggan yang bertransaksi menggunakan Access by KAI," katanya.

Okupansi penumpang kereta api meningkat pada libur Tahun Baru Imlek yang bertepatan libur peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama.

"Tiket yang terjual untuk keberangkatan Sabtu (10/2) sebanyak 8.934 tiket dan jumlah itu masih akan terus bertambah karena masih ada beberapa kereta yang akan berangkat pada jadwal berikutnya," ujarnya.

Ia menjelaskan jumlah penumpang tersebut mengalami peningkatan 7 persen dibandingkan Sabtu (3/2) pekan lalu dan tercatat jumlah penumpang yang berangkat dari Daop 9 berjumlah 8.342 penumpang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada penumpang yang telah mempercayakan kereta api sebagai moda transportasi selama libur panjang akhir pekan ini," katanya.

Cahyo mengatakan KAI Daop 9 Jember akan terus berinovasi dan berkomitmen untuk menghadirkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman dan berkesan.

Baca juga: Surabaya dan Banyuwangi tujuan favorit penumpang KA Jember saat libur

Baca juga: Okupansi penumpang KA di Jember meningkat saat libur Isra' Miraj-Imlek

Baca juga: Daop Jember catat 36.056 tiket KA ludes terjual selama libur panjang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024