Jangan kita terpecah hanya karena berbeda pilihan
Medan (ANTARA) - Umat Buddha di Deli Serdang, Sumatera Utara yang tengah merayakan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili mendoakan agar Pemilu 2024 berjalan dengan damai.

"Kami mendoakan pemilu ini berjalan dengan lancar dan damai, apalagi ini merupakan tahun naga yang membawa keberuntungan," ujar seorang Umat Buddha Piter di saat melakukan ibadah di Wihara Maha Vihara Maitreya, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.

Piter mengatakan siapa pun pemimpin ke depan yang terpilih bisa membawa masyarakat Indonesia semakin rukun, harmonis dan sejahtera.

Dicky menambahkan terciptanya kedamaian itu menjadi harapan doa yang di perayaan Tahun Baru Imlek kali ini.

Menurut Dicky, pemilihan umum seharusnya menjadi wadah anak-anak bangsa untuk bersama-sama menyongsong masa depan.

"Siapa pun presiden, wakil presiden, kepala daerah atau anggota legislatif terpilih, masyarakat diminta untuk terus memberikan dukungan demi kemajuan negara. Jangan kita terpecah hanya karena berbeda pilihan," tutur dia.

Baca juga: Etnik Tionghoa di Ambon komit sukseskan Pemilu 2024
Baca juga: Jemaat Vihara Dharma Bhakti berharap pemilu berlangsung aman dan damai


Sejalan dengan Dicky, Ketua Pembina Wihara Siu San Keng, Sie Kok Yong, juga menegaskan pentingnya persatuan dalam perbedaan.

Wihara Siu San Keng merupakan salah satu rumah ibadah umat Buddha tertua di Medan yang berdiri sejak tahun 1890.

Sie menyebut, kelancaran Pemilu 2024 merupakan dambaan seluruh lapisan masyarakat.

"Kami berdoa agar semuanya aman," kata dia.

Sebelumnya, Tim Jibom dan Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana Sat Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara melakukan sterilisasi di beberapa rumah ibadah saat perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

"Diturunkannya tim jibom dan KBR untuk memastikan tidak ada ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Komandan Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Kompol Octorolas Simbolon.

Octorolas menyebutkan empat vihara prioritas yang didatangi oleh Tim Jibom dan KBR Detasemen Gegan Sat Brimob Polda Sumut yakni Wihara Maha Vihara Maitreya Komplek Cemara di Kecamatan Percut Sei Tuan, Vihara Borobudur di Kecamatan Medan Maimun, Vihara Gunung Timur di Kecamatan Medan Polonia dan Vihara Setia Budi di Kecamatan Medan Timur.

Baca juga: Puan ajak warga sambut Imlek 2024 dengan kebersamaan dalam perbedaan
Baca juga: Kubu Raya meriahkan Imlek dengan lampion raksasa
Baca juga: Ketua Walubi Maluku jelaskan makna tahun naga kayu pada Imlek 2024

 

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024