Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjamin rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili pada Sabtu ini dan direncanakan puncaknya secara nasional pada 12 Februari 2024 berlangsung aman dan kondusif.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan Pemprov Jabar ikut ambil bagian dalam perayaan itu dengan menyiapkan pengamanan di setiap wihara dan kelenteng agar ritual ibadah serta perayaan berjalan lancar.

"Untuk Imlek semuanya disiapkan (pengamanan). Tujuannya agar umat yang merayakan dapat melaksanakan sembahyang dengan baik dan lancar," kata dia dalam keterangan di Bandung, Sabtu.

Baca juga: Warga tionghoa penuhi Klenteng Tien Le Kong rayakan Imlek di Samarinda

Ia  mengatakan Pemprov Jabar beserta jajaran Forkopimda Provinsi Jabar telah meninjau rangkaian perayaan Imlek, yakni di Vihara Dharma Ramsi dan Vihara Satya Budhi Kota Bandung pada Jumat (9/2) malam.

Tujuannya, katanya, mendapatkan gambaran terkait dengan perayaan Imlek dan memastikan bahwa rangkaian Tahun Baru Imlek itu dapat dijalankan dengan nyaman, aman, dan kondusif oleh mereka yang merayakan.

Dalam kunjungannya ke kelenteng tertua di Kota Bandung itu, Bey melihat masyarakat dengan nyaman dan khidmat melakukan ritual ibadah yang merupakan salah satu tradisi dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

Ia mengharapkan kekhidmatan warga keturunan Tionghoa di daerah tersebut dalam merayakan Imlek dapat memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi kehidupan.

"Semoga di tahun ini, kita semua diberi keberkahan, kebahagiaan, dan kelancaran,” kata dia.

Baca juga: Kubu Raya meriahkan Imlek dengan lampion raksasa
Baca juga: 30 ribu porsi makanan vegetarian disediakan saat Imlek di Batam

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024