Jakarta (ANTARA) -
AIA Vitality kembali mendukung acara olahraga lari Women's 10K yang tahun ini akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada bulan Maret.
 
Kegiatan tersebut juga sebagai perayaan hari perempuan sedunia (International Women's Day) yang ingin mengajak perempuan memberdayakan diri mencoba melakukan sesuatu mulai dari olahraga lari.
 
"Kami memutuskan sebagai perayaan International Women's day, kami ingin memberikan wadah yang aman untuk para perempuan merasa aman untuk mulai bergerak, jadi kami mulai dari lari, karena lari olahraga yang bisa dilakukan di mana saja dan our city is our playground, kami mau buat support system itu," kata Co-founder Sana Studio dan pengagas Women's 10K Laila Munaf dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan hadirnya Women's 10K adalah karena masih banyak wanita yang belum percaya diri mengikuti lomba lari. Berdasarkan kondisi itu, Laila ingin memberikan wadah kepada perempuan untuk mencoba sesuatu yang baru dan aman untuk dilakukan tanpa memaksakan diri untuk berlomba.

Baca juga: Pandemi belum berakhir, AIA gelar lomba lari dan bersepeda virtual

Baca juga: AIA: Produk terintegrasi AIA Vitality sumbang 50 persen kinerja

 
Berawal dari tahun 2020, Women's 10K sudah melalui tahun ke lima dan tahun 2024 kali ini akan diselenggarakan di Solo sebagai upaya menjangkau semua komunitas wanita di Indonesia.
 
Solo dipilih karena menurut Laila kota tersebut jadi tempat di mana dalam sejarah di sana wanita diberdayakan dan menjadi sarana memperkenalkan budaya serta kultur yang sedikit berbeda dengan Jakarta.
 
"Alhamdulillah dapat dukungan yang baik dari Pura Mangkunegaran, karena kalau balik lagi ke sejarah sekolah kedokteran perempuan pertama di Solo jadi mungkin salah satu alasannya kami milih Pura Mangkunegaran karena mereka memberdayakan perempuan dan sejarahnya pun menyatakan hal tersebut jadi kerja samanya saling support," katanya.
 
Sementara itu Chief Marketing Officer AIA Indonesia Kathryn Parapak menyebut dukungan AIA Vitality pada Women's 10K kali ini adalah ingin memberdayakan perempuan supaya lebih sehat dan lebih aktif untuk berolahraga.
 
"AIA melihatnya kami ingin perempuan Indonesia sehat dan terproteksi, kalau punya gaya hidup sehat itu proteksi dari berbagai macam penyakit, jadi itu salah satu cara kita terproteksi, melalui kegiatan ini harapan kami wanita Indonesia semakin sehat dan terproteksi," kata Kathryn.
 
Artis dan penyanyi Andien Aisyah juga turut mendukung acara Women's 10K yang diikutinya selama lima tahun terakhir. Ia menyebut berlari bersama ribuan perempuan lain juga sebagai bentuk dukungannya kepada sesama perempuan yang sebagian besar bukan pelari seperti dirinya.
 
"Acara ini membawa lebih dari sekadar memberdayakan tapi bawa cerita masing-masing itu sangat penting, misi persahabatan, cinta, kasih sayang, itu ada di Women's 10K ini," kata Andien.
 
Lalila menambahkan pendaftaran Women's 10K sudah dibuka hingga 25 Februari dan jika peserta memiliki kondisi khusus terkait kesehatannya, dapat melampirkan surat keterangan dokter.

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024