forum ini jadi bagian dari usaha kita memberikan kesadaran tentang politik kebangsaan
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama menggelar doa bersama dengan pelajar serta tokoh agama lintas iman dalam kegiatan bertajuk PEMILOVE - Doa Bersama Untuk Pemilu Damai yang digelar di Jiexpo, Senayan, Jakarta, Senin.
 
Acara ini dimulai dengan pembacaan doa oleh enam pelajar lintas iman. Masing-masing pelajar membacakan doa sesuai dengan keyakinannya yakni Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu.
 
Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan semua pihak harus menyukseskan penyelenggaraan Pemilu karena pesta demokrasi itu bukan hanya tanggung jawab KPU, Bawaslu, maupun KPPS semata, tetapi seluruh lapisan masyarakat termasuk anak muda.
 
"Semua pihak harus menyukseskan penyelenggaraan Pemilu, bukan hanya KPU, Bawaslu, KPPS, dan lain-lain, tapi adik-adik sekalian yang hadir di sini," ujar Wamenag.
 
Menurutnya, suara Pemilu kali ini didominasi oleh Generasi Z dan Milenial, sehingga keterlibatan mereka dalam kesuksesan Pemilu sangat penting. Terlebih, Indonesia akan memasuki bonus demografi serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Perludem: Pemilih muda tentukan nasib bangsa pada Pemilu 2024
Baca juga: Gen Z harapkan pemimpin pro-rakyat & milenial pragmatis di Pemilu 2024
 
Masa depan Indonesia, kata Saiful, berada di pundak anak-anak muda. Dengan demikian, anak-anak muda harus melek politik kebangsaan bukan politik partisan.
 
"Ada kelompok milenial yang secara politik kebangsaan mulai berkurang, maka forum ini jadi bagian dari usaha kita memberikan kesadaran tentang politik kebangsaan yang akan kita perjuangkan ke depannya," kata Wamenag.
 
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan kegiatan doa bersama ini diikuti sekitar 3.000 orang pelajar dari berbagai sekolah keagamaan di Indonesia.
 
Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya doa bersama untuk Pemilu damai dan lancar, tapi juga mengajak mereka berpartisipasi aktif dengan ikut mencoblos pada tanggal 14 Februari nanti.
 
Selain doa bersama, acara ini juga dimeriahkan oleh penyanyi Olivia Pardede, penceramah Habib Husein bin Ja'far Al Hadar dan pemengaruh Onadio Leonardo.

Baca juga: IPNU Jatim: 96 persen milenial akan mencoblos dalam Pemilu 2024
Baca juga: Pemilih muda harap presiden terpilih terus buka ruang diskusi publik
Baca juga: MPR ajak milenial Cianjur gunakan hak pilih di Pemilu 2024

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024