pelatihan Zapad-2013 akan fokus pada berbagai bentuk interoperabilitas antar cabang-cabang angkatan bersenjata, termasuk serangan pendaratan.
Moskow (ANTARA News) - Skenario terkait potensi aksi militer di Suriah bukan merupakan bagian dari pelatihan militer skala besar Rusia-Belarusia Zapad-2013 mendatang.

"Saya mengambil tanggung jawab penuh dengan mengatakan bahwa pelatihan [Zapad-2013] akan fokus pada berbagai bentuk interoperabilitas antar cabang-cabang angkatan bersenjata, termasuk serangan pendaratan," kata Wakil Pertama Menteri Pertahanan Rusia, Arkady Bakhtin, di Moskow, Senin.

Zapad-2013 adalah latihan bersama Rusia-Belarusia yang akan digelar pada 20--26 September. Ini akan melibatkan lebih dari 13.000 personel, sekitar 250 kendaraan tempur dan kurang lebih 60 pesawat serta helikopter.

Pelatihan akan berlangsung di Belarus dan di Distrik Militer Barat Rusia, serta di Laut Barents dan Laut Baltik, menurut Staf Umum Rusia.

Pengamat militer dari lebih 60 negara menerima undangan Rusia untuk memantau pelatihan tersebut, kata Bakhtin.

Moskow dan Minsk mengadakan latihan militer besar-besaran yang sama pada September 2009. Pelatihan militer itu melibatkan sekitar 12.500 prajurit dan sekitar 200 perangkat keras militer.

(H-AK/H-RN)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013