Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Provinsi Banten, menargetkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi 2.000 ekor sapi pada tahun 2024 untuk mencegah penyakit tersebut

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan drh Wina Listiana di Tangerang, Senin, mengatakan selama bulan Januari 2024 telah berhasil memvaksinasi 267 ekor sapi untuk mencegah PMK.

Baca juga: DKPP Kota Madiun lakukan vaksinasi ternak sapi cegah PMK

“DKP Kota Tangerang telah melakukan vaksinasi PMK pada awal tahun ini. Khusus hari ini, kami melaksanakan upaya tindak lanjut dengan memberikan perawatan berupa pemberian vitamin pada sapi-sapi yang telah divaksinasi PMK,” ujar Wina di peternakan sapi wilayah Petir.

Ia melanjutkan, pemberian vaksinasi PMK dan vitamin tersebut dilakukan berdasarkan permintaan langsung para peternak kepada DKP Kota Tangerang.

Baca juga: Kota Surakarta dapat jatah 100 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku

Tidak hanya itu, DKP Kota Tangerang juga memastikan pemberian vaksinasi PMK dan vitamin dilakukan tanpa adanya pungutan biaya atau gratis.

“Pemberian vaksinasi PMK dan vitamin tersebut sangat penting untuk terus ditingkatkan. Terlebih, proses ini menjadi salah satu langkah efektif dalam mengendalikan penyebaran PMK di Kota Tangerang,” katanya.

Selain itu, DKP Kota Tangerang juga mendorong para peternak di berbagai wilayah agar memanfaatkan layanan yang diberikan DKP Kota Tangerang tersebut.

Baca juga: Pemerintah percepat vaksinasi ternak untuk cegah PMK meluas

Ia menjelaskan prosedurnya juga terbilang mudah, peternak hanya perlu menghubungi UPTD Puskeswan Kota Tangerang secara langsung melalui nomor 081394343260.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024