Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengajak pelajar SMA/SMK/SLB di provinsi setempat yang telah berusia 17 tahun ke atas, memiliki hak pilih agar menggunakannya pada Pemilu 2024.
 
“Pada 14 Februari pemilihan umum digelar di seluruh tanah air termasuk di Kalteng. Kita datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), gunakan hak pilih kita sesuai dengan hati nurani masing-masing. Suara kita, masa depan bangsa Indonesia," katanya di Palangka Raya, Senin.

Hal itu dia sampaikan saat sosialisasi dan peningkatan partisipasi dalam Pemilu bagi pelajar SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Tengah yang dipusatkan di SMA Negeri 2 Palangka Raya.

Kegiatan ini diadakan setiap Pemilu lima tahunan sekali menyasar kepada pemilih pemula. Tujuannya agar para pelajar bisa ikut menggunakan hak suaranya dalam gelaran pesta demokrasi.

Wagub mengajak para pelajar yang memiliki hak pilih untuk tidak menyia-nyiakan suaranya dan menggunakannya sebagai bentuk semangat serta partisipasi generasi muda untuk menyukseskan demokrasi.

"Membawa kesadaran untuk bisa menentukan pemimpin, baik presiden, anggota DPR, DPD, maupun DPRD provinsi, kabupaten dan kota," ajaknya kepada para pemilih pemula.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng M. Reza Prabowo menyampaikan ini bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih pemula, salah satunya dengan memberikan pemahaman untuk mengecek nama dan lokasi TPS melalui DPT online.

"Gunakan hak suaranya, jangan disia-siakan, tunjukkan semangat anak muda untuk turut berperan serta aktif bagi kemajuan bangsa," ajaknya.

Sementara itu, Anggota KPU Kalteng Harmain menerangkan informasi mengenai pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024. Pelajar yang sudah memiliki E-KTP mengecek TPS tempat mendaftar di situs web dptonline.kpu.go.id.
Baca juga: Gubernur Kalteng: Sukseskan pemilu sebagai perwujudan nilai demokrasi
Baca juga: Polda Kalteng evaluasi kerawanan Pemilu 2024 di empat daerah

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024