"Sesuai dengan prosedur, kita telah melaksanakan memusnahkan surat suara yang mengalami kerusakan maupun yang berlebih dengan jumlah keseluruhan yaitu tiga ribu lebih surat suara di semua jenis tingkatan,"
Kota Bengkulu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu memusnahkan sebanyak tiga ribu lebih surat suara yang mengalami kerusakan dan yang berlebih dengan cara dibakar.
 
"Sesuai dengan prosedur, kita telah melaksanakan memusnahkan surat suara yang mengalami kerusakan maupun yang berlebih dengan jumlah keseluruhan yaitu tiga ribu lebih surat suara di semua jenis tingkatan," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Firasad di Bengkulu, Selasa.
 
Surat suara yang dimusnahkan tersebut terdiri dari calon Presiden dan Wakil Presiden RI, calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kota Bengkulu.
 
Terang dia, pemusnahan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keamanan dan keamanan informasi sensitif yang terkandung di dalamnya.
 
Untuk proses pemusnahan logistik pemilu dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, hal tersebut dilakukan guna mencegah penyalahgunaan atau pelanggaran yang mungkin terjadi jika logistik tersebut tetap disimpan dalam kondisi yang tidak terawat.
 
Lanjut Rayendra, pemusnahan tersebut dilakukan setelah melalui proses verifikasi dan audit yang ketat dan sesuai dengan komitmen KPU dalam menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap proses pemilu.
 
Sementara itu, menjelang Pemilu 2024, KPU Kota Bengkulu memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan integritas proses pemilu tetap menjadi prioritas utama.
 
Oleh karena itu, Rayendra mengajak mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus berpartisipasi dalam memastikan kelancaran pemilu.
 
Sebelumnya, KPU Kota Bengkulu mendistribusikan seluruh logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 seperti surat suara, kotak suara, bilik suara dan lainnya tiba di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah tersebut hari ini (13/2).
 
Rayendra menyebutkan, hari ini pihaknya mendistribusikan seluruh logistik pemilu ke seluruh TPS dengan dikawal ketat unsur TNI/Polri serta pihak terkait lainnya.
 
"Hari ini satu hari jelang pemilihan, kita secara resmi melepas logistik pemilu di Kota Bengkulu, menuju kantor kelurahan dan kemudian ke TPS, semoga dalam perjalanannya tidak ada halangan dan rintangan sehingga semua sampai tujuan," ujar dia.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024