Kota Bengkulu (ANTARA) - Sebanyak 6.700 orang dari berbagai wilayah di luar Provinsi Bengkulu mengunjungi objek wisata sejarah Benteng Marlborough Bengkulu selama libur Lebaran 2024.
 
Koordinator Benteng Marlborough Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII Bengkulu-Lampung Yoki, di Bengkulu, Sabtu, mengatakan bahwa pada libur lebaran tahun ini jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang sangat drastis dibanding hari biasa.
 
"Momentum Lebaran tepatnya pada 11 dan 12 April 2024 jumlah kunjungan ke Benteng Marlborough tembus 6.700 orang," ujar dia.

Menurut dia, untuk kunjungan pada 11 April mencapai 2.537 orang dan pada 12 April sebanyak 4.163 orang.

Baca juga: Ratusan warga kunjungi kawasan pantai di Bengkulu selama libur lebaran
 
Padahal, kata dia, pada hari biasa jumlah pengunjung hanya sekitar 100 orang per hari.

Ia menyebutkan pengunjung di Benteng Marlborough didominasi dari luar Provinsi Bengkulu seperti Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Jakarta, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jawa Tengah, dan Aceh.
 
"Puncak kunjungan diprediksi pada Minggu (14/4) siang hingga sore," kata Yoki.

Baca juga: Adonan keripik bawang diminati warga Bengkulu jelang Idul Fitri
 
Salah seorang pengunjung dari Provinsi Lampung Aji Susanto mengatakan dirinya mengajak keluarga berlibur sekaligus menambah ilmu pengetahuan sehingga mengetahui sedikit sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu.
 
"Selain ke pantai, kami juga ke Benteng Marlborough sebagai agenda mudik lebaran," katanya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh wisatawan asal Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan, Feri Irawan yang mengatakan bahwa dirinya bersama keluarga sengaja ke Benteng Marlborough untuk berwisata dan ingin mengetahui sejarah berdirinya benteng tersebut.

Baca juga: Bunga bangkai raksasa mekar sempurna saat libur lebaran
 
"Untuk menambah pengetahuan, apalagi anak-anak baru pertama kali ke Benteng Marlborough," ujar dia.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024