Kegiatan ANTARA Heritage Tour merupakan salah satu kegiatan yang memberikan edukasi mengenai sejarah atau histori yang ada di Kota Bengkulu
Kota Bengkulu (ANTARA) - Memperingati HUT ANTARA ke-85, Kantor Berita ANTARA Biro Bengkulu bekerja sama dengan Bengkulu Heritage Society (BHS) mengadakan "heritage tour" di objek wisata cagar budaya nasional Kota Bengkulu, yaitu rumah pengasingan Presiden I RI, Soekarno (Bung Karno) dan Benteng Fort Marlborough.

Pemilihan lokasi di Benteng Fort Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno didasari karena keduanya masuk dalam cagar budaya nasional yang dimiliki Provinsi Bengkulu.
 
"Kantor Berita ANTARA ingin berkontribusi memasyarakatkan wisata sejarah Bengkulu sekaligus mempromosikan kekayaan warisan budaya untuk memajukan pariwisata daerah," kata Kepala Biro ANTARA Bengkulu, Helti Marini Sipayung di Kota Bengkulu, Ahad.
 
Ia menyebutkan melalui HUT ke-85 LKBN ANTARA yang merupakan bagian dari sejarah pendirian NKRI lewat empat orang pendirinya yaitu Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena, sehingga ANTARA ingin terus berkontribusi bagi negara Indonesia.
 
Melalui kegiatan tersebut, seluruh peserta, termasuk warga Bengkulu lainnya dapat semakin mencintai sejarah daerah dan mengenali jati diri sebagai bangsa.
 
Ketua Bengkulu Heritage Society, Hasnoldi menjelaskan bahwa kegiatan ANTARA Heritage Tour merupakan salah satu kegiatan yang memberikan edukasi mengenai sejarah atau histori yang ada di Kota Bengkulu.
 
Dengan adanya kegiatan ini, kata dia, seluruh peserta dan masyarakat mendapatkan informasi terkait kelestarian nilai-nilai sejarah dan dapat dijadikan panutan untuk generasi ke depan agar dapat mencintai sejarah sehingga keberadaan warisan sejarah di Bengkulu menjadi lebih terjaga, terpelihara dan termanfaatkan sebagaimana seharusnya.
 
"Harapannya semoga teman-teman peserta dapat menggali informasi, memberikan tulisan dan informasi terbaik sehingga menjadi salah satu mendapatkan prestasi," kata Hasnoldi.
 
Sementara itu guru SMA Palawa Kota Bengkulu, Ratih Nonisa Wijaka mengatakan bahwa melalui kegiatan ANTARA Heritage Tour tersebut dapat menambah wawasan anak-anak terkait sejarah berdirinya bangunan Benteng Fort Marlborough.
 
Ia berharap agar ke depannya ada kegiatan serupa di Provinsi Bengkulu guna menambah wawasan dan edukasi siswa siswi tentang sejarah wisata yang ada di Bengkulu.
 
Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peserta ANTARA Heritage Tour dari Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu, Agita Meysa Aulia Nur, yakni dengan adanya kegiatan ini dapat mempromosikan wisata di Bengkulu agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.
 
"Semoga ini juga bisa menjadi ajang edukasi bagi masyarakat Bengkulu agar lebih bangga terhadap wisata sejarah yang ada di Bengkulu dan semoga ANTARA semakin lebih baik dan memberikan informasi-informasi yang lebih edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.
 
Kegiatan ANTARA Heritage Tour 2022 diikuti oleh 60 peserta yang terdiri atas 25 mahasiswa dari universitas di Kota Bengkulu dan 35 siswa yang berasal dari SMA dan SMK di Kota Bengkulu.

Baca juga: Dibuka kembali objek wisata Benteng Marlborough dan Rumah Bung Karno

Baca juga: Gubernur Bengkulu mengajak Anda menyaksikan GMT dari Benteng Marlborough


Baca juga: Benteng Marlborough Bengkulu menjadi kafe dan perpustakaan

Baca juga: ME Sianang Mantan Karo ANTARA Bengkulu Meninggal Dunia

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022