Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis putra Indonesia menang telak 5-0 atas Arab Saudi pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024, yang digelar di Selangor, Malaysia, Selasa.

Hasil itu dipastikan setelah tunggal putra Yohanes Saut Marcellyno, dan dua pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri meraih kemenangan di pertandingan mereka masing-masing.

Yohanes, yang turun pada laga ketiga setelah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Alwi Farhan, menang atas Yazan Saigh dua gim langsung dengan skor 21-3, 21-2.

“Puji Tuhan bersyukur saya bisa dipercaya dan menyumbangkan angka bagi tim. Karena ini pertandingan pertama tampil di kejuaraan beregu, saya sempat tegang dan takut juga. Tetapi saya akhirnya mampu mengatasi ketegangan seperti pada pertandingan-pertandingan sebelumnya,” kata Yohaes, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Tegang itu muncul karena saya beranggapan, tidak ada lawan yang lebih rendah atau di atas saya kemampuannya. Saya tidak boleh memandang remeh lawan. Saya akhirnya bisa lebih fokus pada diri sendiri dan bisa bermain normal,” ujarnya menambahkan.

Sementara, Leo/Daniel menang atas pasangan Muath Alghamdi/Arabia Almaki Fahad dua gim langsung dengan skor 21-5, 21-4.

“Tadi kami bermain enjoy, lebih ke menikmati permainan karena kami tahu bagaimana kemampuan permainan lawan. Bukannya kami sombong, tetapi realitis kemampuan kami lebih di atas mereka. Tetapi, jangan lupa, kami tetap harus me-support mereka,” kata Leo.

Sependapat, Daniel mengatakan penting untuk terus bersikap rendah hati dan fokus untuk terus memperbaiki diri, terlepas dari siapa pun lawan yang akan dihadapi.

“Pertandingan ke depan pasti akan lebih berat. Jadi semuanya harus ditingkatkan, termasuk adaptasinya dengan lapangan. Jadi kami harus lebih fokus dan tidak boleh memandang remeh lawan,” ujar Daniel.

Sementara itu, Bagas/Fikri menyempurnakan kemenangan buat skuad putra Indonesia dengan menang atas pasangan Yazan Saigh/Arabia Mahd Shaikh 21-7, 21-7.

“Untuk menghadapi pertandingan besok, semoga kami bisa tampil lebih fokus dan tambah semangat. Semoga pula kami bisa tampil lebih baik dan menyumbang poin lagi,” kata Fikri.

Dengan ini, maka tim putra dan putri Indonesia sama-sama membukukan skor telak 5-0 di pertandingan pertama fase grup hari ini. Sebelumnya, tim putri Indonesia juga menang telak 5-0 atas Kazakhstan.

Baca juga: Chico buka perjuangan awal Indonesia di BATC dengan kemenangan
Baca juga: Alwi sumbang poin kedua Indonesia atas Arab Saudi di BATC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024