Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat memusnahkan surat suara yang tidak layak pakai atau rusak pada Selasa 19.00 WIB.

"Surat suara yang sudah tidak layak pakai atau rusak, itu yang dimusnahkan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat Efniadiansyah saat dijumpai di kantor Kecamatan Johar Baru, Selasa.

Kendati demikian, Efni tidak merinci jumlah suara yang akan dimusnahkan. Namun jajarannya saat ini sedang merekapitulasi keseluruhan jumlah surat suara yang rusak.

"InshaAllah (jumlahnya) kami dapatkan nanti sore. Setelah itu sekitar jam 19.00 WIB kami lakukan pemusnahan di gudang kota PKPR Sawah Besar," ujar Efni.

Efni menjelaskan, surat suara pengganti yang  layak pakai sudah sepenuhnya didistribusikan. Efni memastikan, pendistribusian surat suara h
sudah sesuai kebutuhan.

Baca juga: KPU Jakarta Pusat distribusikan logistik Pemilu 2024 ke kelurahan
Baca juga: KPU Jakpus pastikan nama Jokowi-Iriana terdaftar di TPS 10 Gambir


KPU Jakarta Pusat sudah melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2024 mulai dari kotak suara, bilik suara hingga surat suara. Pendistribusian tersebut dilakukan ke 3.129 TPS yang ada di Jakarta Pusat.

Guna mengantisipasi adanya gangguan selama proses pendistribusian, petugas gabungan mulai dari TNI, Polri hingga unsur pemerintah daerah dikerahkan untuk mengamankan jalannya distribusi logistik pemilu.

Efni juga turut memantau distribusi logistik Pemilu 2024 di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Logistik berupa kertas suara, kotak suara dan bilik suara tersebut didistribusikan ke 369 TPS yang tersebar di empat kelurahan di Kecamatan Johar Baru.

Pendistribusian di Kecamatan Johar Baru dibantu personel Pengadaan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) menggunakan 19 armada termasuk di dua truk ukuran besar.
Baca juga: Kecamatan Johar Baru berkoordinasi siagakan petugas pantau kesehatan KPPS

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024