kami bakar untuk hilangkan kecurigaan
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara memusnahkan ratusan lembar surat suara rusak pada Pemilu 2024.

"Kami musnahkan surat suara rusak akibat robek, salah cetak, tertumpah tinta dan lainnya," kata Plt Ketua KPU Jakarta Utara Abie Maharullah Madugiri di Jakarta,Selasa.

Ia merinci surat suara yang dimusnahkan dengan cara dibakar itu total ada 381 lembar yang terdiri dari 25 lembar surat suara pemilu presiden dan wakil presiden, pemilu legislatif DPR RI Dapil tiga sebanyak 171 lembar.

Kemudian, 40 lembar surat suara DPRD Provinsi Dapil dua dan 145 lembar surat suara DPRD DKI Jakarta Dapil tiga.

Menurut dia, jenis kerusakan surat suara bervariatif ada yang salah cetak dari perusahaan pembuat, tintanya luber, robek dan lainnya.

Baca juga: Wapres minta KPU antisipasi potensi kekurangan surat suara di Jakarta

"Kerusakan ini ditemukan dalam proses sistem cetak dan sortir yang sudah dilakukan," kata dia.

Ia mengatakan, pemusnahan surat suara sisa ini juga sebagai antisipasi orang berfikiran buruk atas sisa surat suara yang rusak ini.

"Sore ini, kami bakar untuk hilangkan kecurigaan," kata dia.

Ia mengatakan surat suara yang ditemukan rusak ini sebelumnya sudah diganti dan dikirimkan ke sejumlah TPS di Jakarta Utara.

Menurut dia, jumlah pemilih di Jakarta Utara mencapai 1.345.136 orang dengan 4.853 tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga: KPU Jakpus ajukan penggantian kotak surat suara yang rusak

Pembakaran surat suara sisa yang rusak ini dilakukan di Kantor KPU Jakarta Utara dan dihadiri Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Jakarta Utara serta komisioner, Kapolres Jakarta Utara,Kapolres Pelabuhan dan lainnya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024