Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima mahasiswa berasal dari 49 perguruan tinggi yang terdiri atas 28 perguruan tinggi negeri dan 21 perguruan tinggi swasta di luar Pulau Jawa dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Kepala Center for Independent Learning (CIL) UI, Fransiskus Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc., di Kampus UI Depok, Selasa mengatakan peran UI dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan wujud komitmen UI dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh mahasiswa untuk merasakan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Ia mengatakan perjalanan akademis dan pengalaman budaya para mahasiswa dari luar Jawa selama di UI diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai kebangsaan dengan semangat gotong royong, toleransi, saling menghormati, serta menjadi memori yang tak terlupakan bagi kita semua.

"Ada 93 mahasiswa inbound melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4," jelasnya.

Menurut dia para peserta PMM 4 akan mengikuti pembelajaran di UI selama satu semester pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024, yaitu dari 5 Februari 2024 hingga 7 Juni 2024.

PMM merupakan sebuah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yaitu program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Dengan mengusung tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”, PMM 4 menghadirkan 128 perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Tahun ini merupakan kali kedua UI menjadi tuan rumah dalam program PMM. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, kali ini PMM Angkatan 4 diadakan sepenuhnya secara tatap muka.

Pada PMM pada Angkatan 1, UI melangsungkan program tersebut secara daring karena terjadi di masa pandemi Covid-19.

UI memahami kebutuhan mahasiswa untuk mengejar kompetensi yang sejalan dengan capaian pembelajaran program studi (prodi) asalnya. Oleh karena itu, mahasiswa difasilitasi untuk memilih mata kuliah yang tersedia dari prodi yang paling linier dengan prodi asal mahasiswa.

Saat ini, UI menyediakan 64 program studi Sarjana (S1) dan 15 program studi vokasi (D3 dan D4) dari rumpun kesehatan, saintek, dam sosial humaniora. Selain itu, UI menyediakan berbagai mata kuliah lintas prodi yang dapat diambil oleh mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan interdisipliner.

Sesuai dengan kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat memperoleh maksimal 20 SKS dari kegiatan PMM. Para peserta akan mengambil mata kuliah yang ditawarkan di berbagai fakultas di UI sebanyak 16 SKS. Di samping itu, mereka mengambil mata kuliah Modul Nusantara yang diwajibkan oleh program PMM 4.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024