Lomba Kampung Bebas Narkoba ini akan kami adakan untuk mengajak segenap masyarakat memberantas narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba),"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menggelar Lomba Kampung Bebas Narkoba.

"Lomba Kampung Bebas Narkoba ini akan kami adakan untuk mengajak segenap masyarakat memberantas narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba)," kata Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Sam Budiyono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut Sam, upaya-upaya pemberantasan narkoba di Ibu Kota tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan BNN, tetapi juga memerlukan partisipasi dari seluruh warga masyarakat.

"Oleh karena itu, melalui lomba Kampung Bebas Narkoba, kita berharap ada partisipasi dan kesediaan dari seluruh masyarakat untuk memberantas narkoba," ujar Sam.

Sam menuturkan dalam pelaksanaan lomba tersebut, pihaknya beserta Pemprov DKI akan melihat sejauh mana partisipasi warga dalam suatu kampung untuk memberantas narkoba.

"Di situ, nanti kita lihat apakah seluruh warga ikut memantau keadaan lingkungannya, bebas narkoba atau tidak. Kalau dirasa ada peredaran narkoba, bagaimana sikap warga, akan dilaporkan kepada BNN atau tidak," tutur Sam.

Sebagai langkah antisipasi peredaran narkoba di suatu kampung, Sam mengungkapkan warga dapat membuat berbagai kegiatan, misalnya, arisan kampung yang di dalamnya juga disertakan diskusi mengenai bahaya narkoba atau kegiatan lainnya.

"Kami berharap lomba ini sudah bisa dimulai pada minggu depan. Tenggat waktu untuk pelaksanaan kegiatan lomba ini adalah dua bulan. Kampung yang terpilih sebagai pemenang akan dijadikan model kampung bebas narkoba bagi kampung-kampung lain di Ibu Kota," ungkap Sam.

Sam mengatakan bahwa para peserta atau kampung yang diikutsertakan dalam lomba tersebut ditentukan oleh wali kota di setiap wilayah Ibu Kota, sedangkan untuk proses penilaian akan dilakukan oleh BNN dan juga Pemprov DKI.

Rencananya, lanjut Sam, sebanyak 26 kampung yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta akan berpartisipasi dalam Lomba Kampung Bebas Narkoba itu.

(R027/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013