Manokwari (ANTARA) - Bupati Manokwari di Provinsi Papua Barat, Hermus Indou, mengajak seluruh warga yang sudah mempunyai hak pilih untuk berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk salurkan hak pilih pada hari ini 14 Februari 2024.

"Kami mengimbau seluruh warga Manokwari yang sudah memenuhi persyaratan dari undang-undang untuk salurkan suara hari ini untuk mencoblos," kata dia, usai salurkan suaranya di TPS 077, Kelurahan Wosi, Distrik (kecamatan) Manokwari Barat, Rabu.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat di Manokwari yang telah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 bisa memberikan suara untuk memilih presiden, DPD, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

Menurut dia, dengan suara dari masyarakat akan menentukan kepemimpinan negara lima tahun ke depan dan wakil rakyat yang memiliki kapasitas dan kualitas untuk perjuangkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat di setiap daerah baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

"Hari ini masyarakat jangan sampai tidak memilih, jangan sampai golput. Suara kita sangat mahal untuk menentukan masa depan bangsan dan negara hingga daerah. Ayo berbondong-bondong datang ke TPS," katanya.
Bupati Manokwari, Hermus Indou, saat menunjukan jari usai menyalurkan suara di TPS 077, Kelurahan Wosi, Manokwari, Rabu. ANTARA/Ali Nur Ichsan

Ia mengatakan, pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu dan jajaran forkompinda baik TNI-Polri, kejaksaan dan pengadilan untuk memastikan proses pemungutan suara dapat berjalan lancar hari ini.

"Hari ini kita bersama Forkompinda juga berencana melakukan kunjungan pemantauan TPS-TPS," katanya.

Indou bersama istri dan anaknya kompak menggunakan pakaian putih untuk mencoblos di TPS 077. TPS yang terletak tidak jauh dari kediaman bupati tersebut memiliki surat suara total 281 untuk masing-masing Pilpres, DPD, DPR, DPD provinsi dan DPRD kabupaten. Sedangkan jumlah DPT di TPS tersebut berjumlah 275 pemilih.

Pada pemilu serentak kali ini Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat memilih jumlah TPS sebanyak 673 dan jumlah total DPT berjumlah 138.128 pemilih yang tersebar di lima daerah pemilihan pada sembilan distrik.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024