Banjarmasin (ANTARA News) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia periode 2008-2013 Margiono mendapat dukungan luas untuk kembali memimpin organisasi kewartawanan tertua di Indonesia itu untuk periode lima tahun ke depan.

Dukungan tersebut disampaikan mayoritas pengurus cabang PWI dalam Kongres XXIII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Dalam rapat pleno I Kongres XXIII PWI dengan agenda pemandangan umum cabang terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PWI periode 2008 - 2013, hampir semua pengurus cabang menyatakan mendukung dan meminta Margiono bersedia menjadi Ketua Umum PWI periode 2013-2018.

Hanya ada beberapa cabang yang belum secara tegas menyatakan dukungan kepada Margiono, di antaranya adalah cabang Kalimantan Selatan.

Dalam forum itu, sebagian besar pengurus cabang juga menyatakan dukungan kepada Tarman Azzam dan meminta mantan ketua umum PWI itu untuk kembali menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan organisasi kewartawanan yang lahir pada 9 Februari 1946 itu.

Sesuai jadwal, pemilihan ketua umum Pengurus Pusat PWI untuk periode lima tahun mendatang akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) sore atau pada rapat pleno IV Kongres XXIII yang berlangsung di "Kota Seribu Sungai" tersebut.

Selain memilih ketua umum, kongres juga sebagai ajang masukan buat menyusun personalia Pengurus Pusat PWI periode lima tahun mendatang, karena masa bakti kepengurusan hasil Kongres XXII di Aceh pada 2008 sudah berakhir.

Pada kesempatan pemandangan umum tersebut, sejumlah pengurus cabang PWI memberikan beberapa catatan serta harapan, antara lain agar kepengurusan pusat mendatang lebih meningkatkan kinerja.

Selain itu, dalam forum tersebut menyeruak pula masalah wartawan "bodrex" atau "abal-abal" yang bisa mengganggu dan menodai citra insan pers sejati yang betul-betul melaksanakan tugas dan fungsi sesuai Kode Etik Jurnalistik, bersikap tertib, sopan, dan santun.

Kongres XXIII PWI diikuti sekitar 300 wartawan dari 34 cabang PWI se-Indonesia.

Seiring kongres tersebut, di Kalsel juga berlangsung Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI pada 12 - 20 September 2013 yang diikuti 1.875 atlet wartawan, mempertandingkan 10 cabang olahraga dan memperebutkan 123 medali.

Pesta olahraga wartawan itu dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, 16 September 2013, sedangkan Kongres XXIII PWI dibuka Gubernur Kalsel Rudy Ariffin di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

(KR-SHN/S024)

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013